Implementasi Data Mining Algoritma Hash-Based Untuk Mengetahui Frekuensi Itemset Penjualan Alat-Alat Listrik (Studi Kasus: PT. Asia Sinar Inti Abadi)

Authors

  • Adelina Anggraini Universitas Budi Darma, Medan
  • Lince Sianturi Universitas Budi Darma, Medan
  • Murdani Murdani Universitas Budi Darma, Medan

Keywords:

Data Mining, Frequent Itemset, Algoritma Hash-Based, Alat, Listrik

Abstract

Perusahaan PT. Asia Sinar Inti Abadi Abadi sangat membutuhkan peran komputer karena mengingat banyak sekali data transaksi penjualan yang ada di perusahaan dimana pada umumnya datanya semakin membesar dan harus diolah dengan baik agar tidak terjadi kesalahan atau tumpang tindih datanya. Masalah yang sering terjadi berkaitan dengan proses penjualan seperti stok lebih dan kurang, alat-alat listrik pesanan pelanggan kadang tidak selalu ada dan pelanggan kadang menunggu lama jika melakukan pemesanan barang, ada bermacam - macam cara untuk mempermudah karyawan dalam memasukan data-data transaksi yang diperlukan perusahaan tersebut. Jadi solusinya adalah penerapan algoritma berbasis hash pada Untuk Mengetahui Frekuensi Itemset Penjualan Alat-Alat listrik dapat melakukan penyaringan data yang tidak penting untuk pembuatan item yang dibutuhkan atau hasil pencarian data dapat dilakukan dengan cepat dan lebih efisien. Algoritma hash-based merupakan pengembangan dari algoritma apriori yang digunakan dalam menentukan rule - rule asosiasi, dengan pola “if - thenâ€. Dalam algoritma apriori menggunakan pendekatan iteratif yang dikenal dengan level-wise search, dimana k kelompok produk (itemset) digunakan untuk mengeksploarasi (k+1) kelompok produk berikutnya. Dengan mengaplikasikan algoritma hash-based pengeliminasian itemset yang dihasilkan pada setiap iterai dapat dilakukan

References

F. Ramadhan, “Implementasi Algoritma Hash Based Terhadap Aturan Asosiasi untuk Menentukan Frequent Itemset Study Kasus Rumah Makan Seafood ‘Kita,’†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 97–102, 2017.

E. A. Orisky Sitra Arifah Destiyati, “Analisis Perbandingan Algoritma Apriori Dan Algoritma Hash Based Pada Market Basket Analysis Di Apotek Uad,†J. Sarj. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2015, doi: 10.12928/jstie.v3i1.2896.

KGS. A. FIRDAUS PRATAMA, “DATA MINING DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA HASH BASED PADA PERSEDIAAN BARANG PALEMBANG TAHUN 2012 DI APOTIK SRIKANDI OLEH,†Fak. Ilmu Komput., pp. 1–44, 2012.

Yuli Mard, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017.

Rintho Rante Rerung, “Penerapan Data Mining dengan Memanfaatkan Metode Association Rule untuk Promosi Produk,†J. Teknol. Rekayasa, vol. 3, no. 1, p. 89, 2018, doi: 10.31544/jtera.v3.i1.2018.89-98.

E. F. Gusti Ahmad Syaripudin, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Obat,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 11–14, 2017, doi: 10.26798/jiko.2017.v2i1.56.

Indra Sasangka and Rusmayadi Rahmat, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA MINI MARKET MINAMART’90 BANDUNG,†J. Ilm. Manaj. Ekon. dan Akutansi, vol. 2, no. 1, pp. 129–154, 2018.

E. Suherman, E. Y. Astuty, and A. A. Budiman, “ANALISIS PRODUK AMAN PERLENGKAPAN LISTRIK TERPILIH UNTUK KEAMANAN KONSUMEN,†Semin. Nas. Sains dan Teknol. 2015, no. November, pp. 1–13, 2015.

Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, vol. 53, no. 9. 2013.

Sartika, “Tanagra,†2011.

Downloads

Published

2022-02-26