APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK)
Abstract
Pembelajaran di dalam sekolah masih menggunakan metode tradisional, khususnya Teknik mesin  yaitu pembelajaran yang menggunakan teknik ceramah khususnya dalam mata pelajaran Teknik kendaraan ringan. Hal ini sangat berdampak kepada minat dan motivasi siswa dalam mengikuti dan menyerap pelajaran khususnya pelajaran Teknik kendaraan ringan karena dalam metode ini hanya guru yang terlibat dalam penyampaian materi, siswa hanya sebagai pendengar oleh karena itu siswa akan merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran Teknik kendaraan ringan khususnya dengan materi Teknik mesin.Untuk mengatasi hal tersebut di atas, maka diperlukan Aplikasi Pembelajaran Teknik mesin. Dengan adanya Aplikasi Pembelajaran ini diharapakan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa serta menambah minat belajar siswa dan menambah motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran di sekolah khusunya mata pelajaran Teknik kendaraan ringan. Karena dalam aplikasi ini siswa juga dapat melihat video pembelajaran Teknik mesin.Siswa juga dapat melatih kemampuan dengan materi drill and practice , kemudian siswa juga bisa bermain games interaktif ,yang disebut CAI (computer assisted Instruction) yaitu  pengajaran yang berbasis komputer yang merupakan pengembangan dari pada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia untuk penyajian materi khususnya materi Teknik mesin.References
Ade Ivon, VOL 10 No 1 (2016). Pengembangan IPA Materi pokok induksi Elektromagnetik siswa kelas Ix SMP Negeri1 Mojo Kediri
Danang Priyasudana, Vol 4, No 03, 2016. Penerapan model pembelajaran problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Mekanika Teknik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung
Irvan Rizkiansyah, Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Teknik Bermaain Piano Berbasis Multimedia Dilembaga Kursus Musik “Ethnictro†Yogyakarta
Desi Permatasari, Jurnal Manajemen Informatika. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2013, 12 - 19 Aplikasi Untuk Mengevaluasi Proses Belajar Mengejar Di SMA Negeri Kesamben Jombang
Wulan Mega Sari Siregar, Pelita Informatika Budi Darma, Volume : VII, Nomor: 1, Juli 2014. Penerapan Metode Brainstorming Untuk Pembuatan Iklan Berbasis Flash
Rusman, 2014: 242, Model Problem Based Learning (PBL)
Aqib, Z. (2013). Model-model pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung:Yrma Widya [8] Hariyanto, 2013. Teknologi Dasar Otomotif
Ribut Efendi, 2013. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Ire Puspa Wardhani, 2013. CAI (Computer Assisted Instruction)
Institut Teknologi Bandung, (1991). Computer Assisted instruction (CAI) Ps11. Piksi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ITB, Bandung.
Sunaryo Sunarto. 2005. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah. Jurnal Inotek Volume 9, no.1, 2005