PENERAPAN ALGORITMA A* UNTUK PENCARIAN SOLUSI TERBAIK PADA GAME CONGKLAK

Authors

  • Ahmad Soleh Siregar STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan
  • Surya Darma Nasution STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan
  • Surya Darma Nasution STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan

Abstract

Congklak adalah sebuah permainan tradisional indonesia dengan menggunakan media kayu, batu, tanah dan juga benda lain yang dapat membentuk 16 lobang melingkar, yang dapat dimainkan hanya dua orang saja. Dalam permainan ini pemain memasukkan buah congklak kedalam lobang masing-masing satu dan akan berhenti jika buah congklak habis dalam lobang yang kosong. Namun dengan perkembangan jaman permainan ini bisa saja hilang disebabkan terlalu banyaknya permainan dibuat dalam bentuk digital, hanya dalam sebuah aplikasi permainan dapat dimainkan.Agar permainan ini tidak hilang penulis berusaha membangun permainan congklak ini dalam bentuk digital, dan menerapkan suatu metode untuk dapat mencari jalan terbaik dalam permainan congklak tersebut. Metode yang digunakan adalah metode A*, dimana metode ini bekerja untuk mencari jalan terbaik dalam suatu pencarian masalah dalam permainan, dana bahasa pemograman yang digunakan adalah Borland Delphi, dimana program ini dapat membuat aplikasi permainan congklak dan menerapkan metode A* dengan mudah.Dengan aplikasi Borland Delphi permainan congklak dapat dimainkan dalam bentuk digital dan mudah dibawa kemana saja tanpa harus menggunakan media kayu sebagai papan congklak, permainan congklak dalam aplikasi ini juga dapat bermain sendiri dan bermain melawan sistem yang bergerak mengikuti instruksi-instruksi dalam aplikasi. Dengan penerapan metode A* dalam permainan ini juga menunjukkan jalan terbaik dalam permainan congklak.

References

T. Sutojo, Edy Mulyanto, Vincent Suhartono, “ Kecerdasan Buatanâ€,Penerbiat Andi, Yogyakarta, 2011

Yulikus Partono, “Pengantar Logika Dan Algoritmaâ€, Penerbit Media Kita, Jakarta,2008

Prabowo Pudjo Widodo, Herlawati, “Analisis Dan Perancanganâ€, Penerbit Informatika, Bandung, 2011

Jogianto, Hartono “Analisis Dan Desain Sistem Informasiâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005 5. Intan Yuniar Purbasari, “ Desain Dan Desain Algoritmaâ€, Penerbit Graha Ilmu, Surabaya, 2007

Eko Budi Purwanto, “Teori Dan Aplikasi Sistem Digitalâ€, Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta,2011

Abdul Kadir, “Pengenalan Sistem Informasiâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta,2009

Downloads

Published

2017-05-14

Issue

Section

Articles