Penerapan Algoritma VLBE Pada Aplikasi Kompresi Record Database Pada Mcrosoft Access Berbasis Dekstop

 (*)Julyana Silaban Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Seiring berkembangnya zaman penggunaan computer dalam kehidupan sehari-hari secara tidak langsung membuat kebutuhan akan penyimpanan data semakin meningkat. Data tersebut dapat berupa file teks, gambar, suara, maupun video, semakin besar ukuran file maka semakin besar pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Untuk kebutuhan pengiriman data melalui transmisi, maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman data tersebut. Salah satu alternative pemecahan masalah yang akan dilakukan adalah dengan melakukan kompresi pada data sehingga data tersebut menjadi lebih kecil ukurannya dan akibatnya proses transmisi data akan semakin cepat. Kompresi adalah suatu proses yang dapat mengubah ukuran data menjadi lebih kecll sehingga dapat menghemat penyimpanan data, kompresi data juga dilakukakan supaya data yang kita simpan lebih amandan mempersulit para hacker untuk memanipulasi data yang kita simpan, terlebih data-data penting yang bersifat pribadi dan rahasia. VLBE  adalah kode yang memetakan simbol sumber untuk sejumlah variable bit. Kode variable  panjang dapat memungkinkan sumber yang akan dikompresi dengan nol kesalahan (kompresi data lossless) dan masih dapat dibaca kembali oleh simbo l- simbol. Seiring berkembangnya zaman penggunaan computer dalam kehidupan sehari-hari secara tidak langsung membuat kebutuhan akan penyimpanan data semakin meningkat. Data tersebut dapat berupa file teks, gambar, suara, maupun video, semakin besar ukuran file maka semakin besar pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Untuk kebutuhan pengiriman data melalui transmisi, maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman data tersebut. Salah satu alternative pemecahan masalah yang akan dilakukan adalah dengan melakukan kompresi pada data sehingga data tersebut menjadi lebih kecil ukurannya dan akibatnya proses transmisi data akan semakin cepat. Kompresi adalah suatu proses yang dapat mengubah ukuran data menjadi lebih kecll sehingga dapat menghemat penyimpanan data, kompresi data juga dilakukakan supaya data yang kita simpan lebih amandan mempersulit para hacker untuk memanipulasi data yang kita simpan, terlebih data-data penting yang bersifat pribadi dan rahasia. VLBE  adalah kode yang memetakan simbol sumber untuk sejumlah variable bit. Kode variable  panjang dapat memungkinkan sumber yang akan dikompresi dengan nol kesalahan (kompresi data lossless) dan masih dapat dibaca kembali oleh simbol-simbol.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, anggota, Pemilihan Tim Futsal

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 8 times

References

H. C. Rustamaji and B. Yuwono, “APLIKASI KOMPRESI DATA MENGGUNAKAN METODE HUFFMAN STATIK PADA PERANGKAT MOBILE,” no. Heru C.

N. Mancelina, Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial Dalam Menganalisa Kinerja Algoritma Fixed Length Binary Encoding Dengan Variable Length Binary Encoding, vol. 2, no. 1. 2017.

Sutardi, “Implementasi dan analisis kinerja algoritma shannon- fano untuk kompresi file text,” vol. 6, no. 1, pp. 53–60, 2014.

Y. S. Agus Prayitno, “Volume 1 No 1 – 2015 Lppm3.bsi.ac.id/jurnal IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering,” IJSE – Indones. J. Softw. Eng., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2015.

P. Andi Offset, Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta, 2006.

H. jogiyanto, “No Title,” p. 4, 2001.

D. Ketut, pemrograman aplikasi database dengan microsoft visual basic.net 2008. .

N. Sopiah, “Penggunaan Metode Analisis Dan Rancangan Berorientasi Objek Pada Web Jurnal Ilmiah Terpadu,” semnasIF 2012, vol. 2012, no. semnasIF, pp. 188–195, 2012.

U. S. Utara, “BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Kompresi Data Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau,” 2011.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Algoritma VLBE Pada Aplikasi Kompresi Record Database Pada Mcrosoft Access Berbasis Dekstop

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Julyana silaban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License