Implementasi Algoritma Quadtree Pada Game Bubble Match

 (*)Hotsarihon Adi Putra Barutu Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Chandra Frenki Sianturi (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Sekarang ini game merupakan salah satu media hiburan yang banyak diminati oleh masyarakat. Perkembangan game dari jenis-jenis game yang  begitu  pesat,  menyebabkan  game semakin menarik banyak masyarakat. Setiap jenis game memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game  adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan  buatan,  diharapkan  elemen-elemen  dalam  game  dapat  berperilaku sealami mungkin layaknya manusia. Dalam game ini mempunyai musuh yang memiliki kecerdasan buatan dengan yang diharapkan musuh menjadi lebih sulit dikalahkan sehingga gameplay permainan menjadi lebih menarik. Game  ini  bercerita  tentang pertempuran antara kapal-kapal perang, yang mana  game  ini  terbagi  menjadi  3  level  dengan tingkat kesulitan yang berbeda-bedan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah perancangan terstruktur.

Keywords


Game, quadtree, Algoritma

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 289 times

References

Susilawati, 2014, “Perancangan Game Space Ship Dengan Metode Quadtree”, Jurnal Pelita Informatika Budidarma Vol. VII No. 3 / ISSN : 2301-9425.

R. Robbi, 2014, “Algoritma Quadtree Untuk Pendeteksian Tubrukan Pada Permainan Adventure Of Upiki”, Jurnal TIMES Vol. III No. 2 / ISSN : 2337-3601.

Sismoro, Hery, 2005, “Pengantar Logika dan Informatika”, Penerbit Informatika.

http://jhugianto.com/2019/03/sejarah-perkembangan-video game/.)

Iva. C. Sibero, 2010, “Membuat Game Menggunakan Game Maker”, Penerbit Mediakom.

Anugrahini.Y.M, dkk, 2013, “Pengembangan Game Bubble Match Sebagai Media Pembelajaran Pembagian Dalam Bentuk Pengurangan Berulang Untuk Siswa Kelas 2 SD”, Jurnal Satya Wacana, e-ISSN : 2503-3530, p-ISSN : 2406-8012.

Dew. R.A, dkk, 2015, “Aplikasi Multimedia Sebagai Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia Menggunakan Unity Engine Untuk Sekolah Dasar”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3, No. 4 e-ISSN : 2338-0403.

Daryanto, 2010, “Media Pembelajaran”, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Irwanto. D, 2007, “Perancangan Object Oriented Software Dengan UML, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Andrisa, 2007, “Macromedia Flash 8”, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hotsarihon Adi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License