DATA MINING PENGARSIPAN DOKUMEN BERDASARKAN KONTRAK KERJA DENGAN METODE ALPHABETIC FILING SYSTEM (Studi Kasus: PT. Arina Multi Karya Medan)

Authors

  • Rina Safitri Lubis

Abstract

Kearsipan merupakan kumpulan dari dokumen dan dapat memberikan keterangan atau bukti yang berkaitan dengan proses pengumpulan dan pengelolaan dokumen. PT. Arina Multikarya Medan adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang outsourcing. PT. Arina Multikarya Medan ini mempunyai karyawan (kontrak kerja) yang cukup banyak. Oleh karena karyawan yang cukup banyak, maka dokumen karyawan tersebut harus teroganisir dengan baik terutama dalam dokumentasi karyawan berdasarkan kontrak kerja. Maka penulis menggunakan metode alphabetic filing system yang dapat menunjukkan lokasi pengarsipan kontrak kerja. Alphabetic filing system adalah sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip berdasarkan abjad. Sistem abjad dimulai dari huruf A-Z dan umumnya dipilih sebagai sistem penyimpanan arsip karena dokumen sering dicari dan diminta melalui nama. Hasil sementara dari metode alphabetic filing system pada PT Arina Multikarya Medan adalah data karyawan berdasarkan abjad yaitu code A (Almunawara, Arni), code B (Bela), code D(Depi, Dewi,Dina), code E(Evauliana), code I(Ira), code K(Kerin, Kristin), code M (Meyarni, Mika), code P(Putri), code R(Rudini), code S(Sari, Serli, Siti), code T(Tina), code W(Wita) dan code Z(Zasmi).

Kata Kunci: Arsip, Outsourcing, Alphabetic Filing System, WEKA

Downloads

Published

2014-09-20