Aplikasi Denah Virtual Gedung Kampus Stmik Budi Darma Medan Dengan Menggunakan Metode Ruang Vektor

 (*)Martua Sigalingging Mail (Universitas Budi Darma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Ruang Vektor adalah sebuah teknik  dalam bidang ilmu komputer yang mengkombinasikan antara kondisi dunia nyata dengan data hasil komputasi dari sebuah komputer dalam bentuk grafis 2D maupun 3D. Pada penelitian ini, dibahas sebuah metode dan implementasi aplikasi di lingkungan  desain virtual gedung Kampus STMIK Budi Darma Medan. Pada metode Ruang Vektor interaksi antara manusia dan komputer lebih alami dan intuitif dibandingkan dengan metode Ruang Vektor. yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan desain gedung STMIK Budi Darma Medan supaya hasilnya dapat lebih terarah karena objek yang ada disekeliling kampus banyak gedung besar dan harus dilakukan pembagian vector untuk mendapatkan titik pusat suatu gambar. Permasalahan utama pada bidang penelitian ini adalah bagaimana proses pengontrolan pergerakan objek pada sebuah vektor tersebut tidak mengalami anomali maupun dalam melakukan pencarian data dengan ruang titik pusat yang ada dapat dilakukan pencarian dengan tepat. Penelitian ini menggunakan Virtual merupakan teknologi yang menggabungkan fotografi dengan informasi yang bertujuan untuk memberikan informasi ruang secara menyeluruh dengan tampilan tiga dimensi (3D) dan interaktif. Seiring dengan perkembangan teknologi Virtual juga ikut berkembang yang membuat  pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan baru yang hanya ada dalam kompute

Keywords


Ruang Vektor, Virtual Gedung, Computer Vision

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 28 times | PDF View: 5 times

References

Adi Sulistio (2015) , Pengenalan Autocad 2Ddan 3DUntuk Industri Manufaktur, Andi, Jogjakarta.

G. Takeshi Sato (Guru Besar Universitas Keio), N. Sugiarto Hartanto (DosenDepartemen Mesin ITB) (2015), Menggambar Mesin Menurut Standar ISO,cetakan 11, Pradnya Paramita, Jakarta.3.

Heri Zezen I, Sudarna, Supriadi, (2011), Risalah Praktikum Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi, TeknikIndustri, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

John Montague (2014), Dasar-Dasar Gambar Perspektif, sebuah Pendekatan Visual, edisi kedua, Erlangga, Jakarta.

Karl T. Ulrich, Steven D. Eppinger, (2015), Perancangan dan Pengembangan Produk, edisi pertama, Salemba Teknika, Jakarta.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Aplikasi Denah Virtual Gedung Kampus Stmik Budi Darma Medan Dengan Menggunakan Metode Ruang Vektor

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Martua Sigalingging

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License