Perbandingan Algoritma Ecdh Dan Algoritma Ecc Dalam Mengamankan Pesan Gambar

 (*)Masita Masita Mail (Universitas Budi Darma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Secara istilah kriptografi didefinisikan sebagai ilmu sekaligus seni untuk menjaga kerahasiaan pesan (data atau informasi) yang mempunyai arti atau nilai, dengan cara menyamarkan (mengacak) menjadi bentuk yang tidak dapat dimengerti menggunakan suatu algoritma tertentu. Dalam ilmu kriptografi suatu pesan yang akan dirahasiakan atau disandikan. Kini cara berkomunikasi, bertransaksi yang kita telah mengalami banyak perubahan, dari yang semula hanya bisa berkomunikasi atau bertransaksi saat bertemuka muka saja, kini manusia sudah dapat berkomunikasi menggunakan teknologi jaringan (network technology) yang menggubungkan dua atau lebih komputer Teknologi jaringan. Kemudian disiasati bagaimana cara menjaga kerahasian dan mendeteksi keaslian dari informasi yang dikirim atau diterimanya. Untuk menyiasati hal ini, munculah sebuah ilmu yang disebut dengan kriptografi. Dari berbagai kelompok kriptografi, terdapat beberapa algoritma kriptografi yang dikenal seperti blowfish, twofish, MARS, IDEA, 3DES, AES, RSA, Diffie-Hellman, MD5, SHA-256, SHA-512, ECC, ECDH dan lain-lain. Namun diantara kriptografi yang telah disebutkan, terdapat 2 kriptografi yang paling terkenal dan paling sering dibahas saat ini, yaitu ECDH (Elliptic-curve Diffie-Hellman) dan ECC (Elliptic Curve Cryptgraphy). Kedua algoritma ini memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi dan yang diperoleh dari kedua metode dalam mengamanankan pesan gambar, maka dapat kita simpulakan bahwa metode ECC merupakan metode yang lebih baik dan lebih cepat dalam mengamankan pesan gambar dimana waktu yang dibutuhkan dalam mengamankan pesan gambar membutuhkan waktu yang sangat sedikit.

Keywords


Kriptografi, Keamanan, Pesan gambar

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 24 times | PDF View: 4 times

References

N. Adianson and A. Kurniawan, “Analisa Perbandingan Performansi Rsa ( Rivest Shamir Adleman ) Dan Ecc ( Elliptic Curve ) Pada Protokol Secure Socket Layer ( Ssl ),” vol. 11, no. 1, pp. 71–80, 2015.

D. Seftyanto, “Secure Real Time Protocol: Solusi Alternatif Pengamanan Chatting,” pp. 95–101, 2016.

“Implementasi Algoritma ECDH dan AES untuk Pengamanan Pesan SMS pada Telepon Seluler,” Bimipa, vol. 24, no. 1, pp. 39–50, 2014.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Perbandingan Algoritma Ecdh Dan Algoritma Ecc Dalam Mengamankan Pesan Gambar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Masita Masita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License