Implementasi Algoritma Paillier Cryptosystem Untuk Keamanan Data Video Mpeg Pada Aplikasi Chat

 (*)Asep Roy Panggabean Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat terutama dalam masalah komunikasi. Informasi penting dikirimkan setiap harinya lewat berbagai jenis media, contohnya aplikasi chatting. Seiring dengan banyaknya aplikasi chatting, kejahatan cybercrime seperti penyadapan dan manipulasi pesan juga banyak terjadi karena tidak adanya sistem keamanan untuk melindungi pesan. Setiap orang bertukar data dan informasi rahasia tanpa adanya jaminan keamanan pesan pada aplikasi chatting yang digunakan selama ini. Jenis multimedia yang berkembang dan diketahui oleh semua kalangan yakni foto, video, gambar, audio dan lain sebagainya. Sering terjadi pembajakan informasi atau data dalam jenis multimedia yang sifatnya rahasia terbongkar ke publik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu pengamanan informasi dalam bentuk video dengan menggunakan Kriptografi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi dibutuhkan suatu algoritma yang memiliki proses enkripsi dan dekripsi untuk dapat membantu mengamankan suatu video atau informasi yang bersifat rahasia. Pada penelitian ini enkripsi dilakukan pada data biner video yang menyebabkan data biner video berubah dari data biner aslinya dan video tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya proses dekripsi terlebih dahulu.

Keywords


Kriptografi, Algoritma Paillier Cryptosystem, Video MPEG

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 56 times | PDF View: 12 times

References

T. Ramsky, “Perangkat Lunak Enkripsi Video MPEG-1 dengan Modifikasi Video Encryption Algorithm ( VEA ).”

W. K. Hadi and S. M. M. Kom, “Pengamanan Aplikasi Chatting Pada Perangkat Android Menggunakan Kriptografi Dengan Metode Advanced Encryption Standard ( Aes ) 128 Pada Pt . Salam Medina Indonesia Issn : 1693-9166,” vol. 14, no. 2, pp. 62–69, 2017.

P. Informatika, B. Darma, and R. M. Simbolon, “PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ENKRIPSI PESAN DENGAN METODE PAILLIER CRYPTOSYSTEM,” no. 911527, pp. 23–30, 2013.

J. I. Mulawarman et al., “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI PENGAMANAN DATA PADA PESAN TEKS, ISI FILE DOKUMEN, DAN FILE DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD,” vol. 10, no. 1, 2015.

R. Munir, Kriptografi. Informatika Bandung, 2006.

Martono, “MODEL MODIFIKASI KRIPTOGRAFI ALGORITMA RSA UNTUK KEAMANAN DATA PADA DATABASE E-VOTING,” vol. 11, no. 2, 2017.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Algoritma Paillier Cryptosystem Untuk Keamanan Data Video Mpeg Pada Aplikasi Chat

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asep Roy Panggabean

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License