PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN KEBUDAYAAN DAERAH DI INDONESIA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION (Studi Kasus : SD Swasta Singosari)
Abstract
Kebudayaan Daerah merupakan suatu adat kebiasaan yang tertanam karena adanya kesamaan suku, bahasa dan wilayah. Sumatera Utara memiliki beberapa suku (Etnis) asli yang memiliki kebudayaan daerah yang berbeda-beda tetapi dalam pengajaran di sekolah tidak dibahas secara mendalam (hanya dibahas sumatera utara secara umum) sehingga anak-anak didik yang mayoritas suku asli tidak mengetahui budaya daerahnya sendiri. Computer Based Instruction merupakan sebuah metode yang menjadikan komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan materi kepada peserta didik. Model pembelajaran dengan menggunakan komputer (CBI) bertujuan untuk membantu peserta didik dalam memahami pelajaran mengenai kebudayaan daerah karena metode ini meliputi Tutorial (membahas tentang materi), Drill and Practise (Latihan dan Praktek langsung), Simulasi (membahas materi lebih konkret) dan Games (permainan). Hasil dari aplikasi yang dirancang mampu membantu peserta didik dalam mempelajari dan memahami mengenai kebudayaan daerah yang ada di Sumatera Utara dan dapat menjadi solusi bagi para pengajar dalam menciptakan iklim belajar yang lebih kondusif dengan waktu yang singkat sehingga pengajar dapat mengetahui sejauh mana peserta didiknya memahami materi yang disampaikan.
Kata Kunci : Computer Based Instruction, Pembelajaran, Kebudayaan Daerah Sumatera Utara