Implementasi Data Mining Menentukan Pola Hidup Sehat Bagi Pengguna KB Menggunakan Algoritma Adaboost (Studi Kasus :Dinas Serdang Bedagai)

 (*)Santa Ida Gultom Mail (Universitas Budi Darma,Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Puskesmas adalah suatu unit organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan yang berada di garda terdepan dan mempunyai misi sebagai pusat pengembangan pelayanan kesehatan, yang melaksanakan pembinaan dan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu untuk masyarakat di suatu wilayah kerja tertentu yang telah ditentukan secara mandiri dalam menentukan kegiatan pelayanan namun tidak mencakup aspek pembiayaan. Tetapi tidak menutup kemungkinan Puskesmas ini mengalami penurunan Pelayanan pada masayarakat. Banyak Puskesmas  yang berada di indonesia yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Oleh karena Implementasi Data Mining Menentukan Pola Hidup Sehat Bagi Pengguna KB Menggunakan Algoritma Adaboost. Algoritma Adaboost merupakan algoritma yang menghasilkan pohon keputusan yang lebih sederhana dan penggunaan memori yang lebih efisien. Algoritma adaboost dapat mengklasifikasikan model prediksi berstruktur pohon (tree) dan aturan (rule-based). Penggunaan algoritma Adaboost dapat menghasilkan model prediksi dengan hasil tingkat akurasi yang lebih tinggi dalam pelayanan kesehatan bagi pengguna KB. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui factor mana saja yang paling dominan mempengaruhi pola hidup sehat pada pengguna KB, sehingga ini menjadi pedoman bagi pihak Puskesmas Tarutung  kedepannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pengguna KB.

Kata Kunci : Data Mining, Pola Hidup Sehat Pengguna KB, Algoritma Adaboost

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 38 times | PDF View: 12 times

References

J. Unifikasi, D. Rahmat, F. Hukum, and U. Kuningan, “Implementasi Kebijakan Program Bantuan Hukum Bagi Masyarakat,” vol. 4, pp. 35–42, 2017.

F.A.Hermawati, Data Mining. 2013.

Eko Prasetyo, Data Mining Konsep dan Aplikasi menggunakan Matlab. Yogyakarta, 2012.

Andri, Y. N. Kunang, and S. Murniati, “Implementasi Teknik Data Mining Untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa Pada Universitas Bina Darma Palembang,” Semin. Nas. Inform. 2013 (semnasIF 2013), vol. 2013, no. A, pp. 56–63, 2013.

J. Arief and R. Hakim, “APLIKASI DATA MINING UNTUK MENGHASILKAN POLA KELULUSAN SISWA Budanis Dwi Meilani , Nofi Susanti,” pp. 1–7.

A. Dipalokareswara, “Penerapan Decision Tree untuk Penentuan Pola Data Penerimaan Mahasiswa Baru,” no. July 2011, 2014.

Eka Listiana, Much Aziz Muslim, “Penerapan Adaboost Untuk Klasifikasi Support Vector Machine Guna Meningkatkan Akurasi Pada Diagnosa Chronic Kidney Disease, “Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 875,” no. 2015, pp. 875–881, 2017.

Muhammad Fajar Khairul Auni, Muhammad Idham Ananta Timur, Ika Candradewi, “Hand-Raise Detection Pada Kelas Cendekia Menggunakan Kamera RGB dan Depth,” Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation System(IJEIS), vol 8, no. 1, April 2018, pp. 95–106.

J. Kesehatan and S. Nusantara, “Hubungan Pola Hidup Masyarakat Terhadap Pencegahan Diabetes Mellitus Di Dusun Serba Guna Desa Karang Rejo Stabat Kabupaten Langkat,” vol. 1, no. 5, pp. 22–29, 2016.

J. Ilmu Komunikasi, E. Sulistyaningsih, “Strategi Sosialisasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur Dalam Meningkatkan Pengguna Program Keluarga Berencana (KB) Dikota Samarinda,” vol. 1, no.3, pp. 367–379, 2013.

J. Ilmu Pemerintahan, Nor Sanah, “Pelaksanaan Fungsi Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser,” vol. 5, no.1, pp. 306–314, 2013.

pengenalan tanagra, A. Sartika. .

M. S. Rosa A.S, Rekayasa Perangkat Lunak. 2016.

A.Kusrianto, Microsoft Office Excel 2007. 2007.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Data Mining Menentukan Pola Hidup Sehat Bagi Pengguna KB Menggunakan Algoritma Adaboost (Studi Kasus :Dinas Serdang Bedagai)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License