Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kandungan Kemih Dengan Menerapkan Metode Hybrid Case Base

 (*)Muhammad Fauzan Mail (Universitas Budi Darma,Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kandung Kemih (Vesika Urinaria) merupakan salah satu organ dalam sistem eksresi manusia (urin) yang berfungsi untuk menampung urin sementara sebelum dibuang melalui proses Buan Air Kecil. Perkembangan pada saat ini berjalan sangat cepat, hampir semua bidang memanfaatkan komputer begitu juga dalam dunia kedokteran atau kesehatan dengan menggunakan Teknologi Komputer Berbasis pengetahuan, fakta, dan penalaran dapat digunakan dalam dunia medis atau kedokteran mau pun kesehatan, untuk menyelesaikan permasalahan diantaranya adalah tentang penyakit Kandungan Kemih. Untuk mendiagnosa sebuah penelitian penyakit kandungan kemih merancang sistem pakar. Sistem pakar merupakan sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultsi. Penyakit Kandungan Kemih menerapkan  metode hybrid case based, salah satu metode untuk membangun sistem pakar dengan pengambil keputusan dari kasus yang baru dengan berdasarkan solusi dari kasus-kasus sebelumnya. Program yang digunakan Bahasa Pemograman yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah Visual Basic Net2008.

Kata Kunci : Penyakit Kandungan Kemih, Sistem Pakar, Hybrid Case Based

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 696 times
PDF - 391 times

References

Abu Salam, M.Kom (2014), “Sistem Basis Data”

Andi Kristianto. “Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya” (2008:2)

Aries Dwi Indriyanti, Chusnul Imama, “Penerapan Case Base Reasoning Dengan Algoritma Nearest Neighbor Untuk Analisis Pemberian Kredit di Lembaga Pembiayaan” Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Vol. 02 No. 01, 11-21, 2013

Ilham Akbar (2017), Database (Sistem Basis Data) Pada https://ilhamakbar2017.wordpress.com/2017/09/17/database-sistem-basis-data/ (akses 3 Maret 2018)

M. Abdulrachman Irfandi, Ade Romadhony, Siti Saadah, “Implementasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut Menggunakan Metode Hybrid Case-Base Dan Rule Base Reasoning”, Jurnal Bina Sriwijaya Palembang.

Rudy Chandra, Kestrilia Rega Prilianti, Pu

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kandungan Kemih Dengan Menerapkan Metode Hybrid Case Base

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License