Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Outlet Terbaik Pada PT. Sushi Indo Sukses Madidri Medan Atau Sushi Tei Medan Menerapkan Metode Vikor

 (*)Khoirul Umam Mail (Universitas Budi Darma,Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Penulis melakukan penelitian di Sushi Tei Restaurant, Medan, yang merupakan salah satu Restaurant berbintang 5 yang ada di kota Medan. Skripsi ini berusaha menjawab pokok permasalahan, bagaimana penghasilan, perkembangan yang dibuat oleh outlet tersebut,baik dari segi sisi pelayanan, pendapatan, pencapaian target, cost (pengeluaran) atau auditoring, dari segi itulah penilaian yang bisa disimpulkan nantinya dalam hal pemilihan outlet terbaik untuk Sushi Tei Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode VIKOR. Metode Vikor merupakan bagian dari konsep Multi-Attibut Decision Making (MADM) dimana diperlukan normalisasi pada perhitungannya. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yaitu penelitian berdasarkan data, fakta yang nyata apa adanya dengan menggunakan metode interview (wawancara), observasi dan dokumentasi, sedangkan yang menjadi populasi atau narasumber adalah Manajer Restaurant Sushi Tei, karena manajer disini sebagai perencana kegiatan yang merancang, mengembangkan, memutuskan, menginstruksikan dan sebagai pelaksana kegiatan manajemen Sushi Tei, yang mempunyai wewenang dan kekuatan dalam perencanaan pelaksanaan serta mengevaluasi pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa pelayanan Sushi Tei Medan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis pada outlet yang terdapat di Sushi Tei Medan dapat dilakukan pengolahan sistem pendukung keputusan penentuan prioritas outlet terbaik di Medan. Dalam penelitian ini penulis mencoba mengembangkan sistem yang dapat mengolah sistem pendukung keputusan penentuan outlet terbaik Sushi Tei Medan dengan harapan hasil yang dapat diproleh maksimal dan memuaskan. Hasil yang di harapkan supaya pemilihan outlet terbaik pada Sushi Tei Medan dapat berjalan dengan tertib dan teratur oleh sistem yang di lakukan dengan baik.

Kata Kunci : Outlet, Terbaik, Vikor, Sushi Tei.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 30 times | PDF View: 5 times

References

Jasril, E. Haerani, and L. Afrianty, “Sistem Pendukung Keputusan (Spk) Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy Ahp (F- Ahp),” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2011, vol. 2011, no. Snati 2011, pp. 17–18, 2009.

U. Terbuka, S. Informasi, and S. S. Bali, “Penerapan Metode VIKOR pada Pengambilan Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Terbuka,” vol. 2, no. 1, pp. 24–35, 2018.

A. M. Cahayani, M., Irawan, M. S., & Rukmi, “Analisis Pengambilan Keputusan Multikriteria Untuk Sumber Energi Terbarukan di Wilayah Madura Menggunakan Metode Fuzzy AHP dan VIKOR,” J. Sains Dan Seni Pomits, vol. 2, no. 1, p. 6, 2014.

R. P. Pratama, I. Werdiningsih, and I. Puspitasari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi di Sekolah Menengah Pertama dengan Metode VIKOR dan TOPSIS,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, pp. 113–121, 2017.

Ermatita, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan,” J. Sist. Inf., vol. 8, no. 2085–1588, pp. 966–977, 2016.

I. P. M. Gunawan, A. Sukmaaji, and E. Sutomo, “Jurnal Sistem Informasi,” Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 72–77, 2014.

D. Untuk et al., “SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK UNTUK PEMBELIAN MOBIL BARU MENGGUNAKAN METODE ENTROPY DAN FUZZY VIKOR (Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje),” 2017.

S. Gunawan, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemancar Sinyal Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ),” Tek. Inform. STMIK Budi Darma Medan, vol. 9, no. 3, pp. 53–57, 2014.

Kustiyahningsih Y and D. Rosa Anamisa, "Pemrograman Basis Data Berbasi Web Menggunakan PHP Dan MYSQL," Vol 6, 2011 .

Asep Ramdhani M, “Mengenal Microsoft Visual Basic 2008,” pp. 1–10, 2008.

J. Desember and T. Andrasto, “Pengembangan Sistem Database Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Unnes,” vol. 5, no. 2, 2013.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Outlet Terbaik Pada PT. Sushi Indo Sukses Madidri Medan Atau Sushi Tei Medan Menerapkan Metode Vikor

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License