Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kanker Kulit Melanoma Menggunakan Metode Case Based Reasoning

 (*)Khairunnisa Ritonga Mail (Universitas Budi Darma,Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kanker Kulit melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit yang mematikan. Resiko melanoma maligna meningkat pada orang yang memiliki banyak tahi lalat atau mempunyai riwayat keluarga yang menderita penyakit kanker kulit melanoma. Cara mendeteksi melanoma adalah dengan menggunakan metode Biopsi, untuk melakukan metode ini membutuhkan kinerja dokter terlatih. Proses Biopsi menyakitkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama, Karena itu pada penelitian ini telah dilakukan klasifikasi diagnosa kanker kulit melanoma menggunakan metode case based reasoning. Sistem pakar adalah sistem yang berusaha menambah pengetahuan manusia ke komputer yang di rancang untuk memodelkan kemampuan menyeleseikan masalah seperti layaknya pakar. Sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer dengan menggunakan ilmu, fakta dan teknik berfikir dalam pengambilan keputusan untuk menyeleseikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diseleseikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan. Adapun tujuan yang akan dicapai adalah untuk membuat aplikasi sistem pakar yang berguna sebagai alat bantu untuk mendapatkan informasi dalam mendiagnosa penyakit kanker kulit melanoma. Hasil dalam penelitian ini adalah sistem pakar mendiagnosa penyakit kanker kulit melanoma dengan menggunakan metode case based reasoning dapat menyeleseikan masalah karena dengan mengingat kejadian yang sama atau di masa lalu, kemudian menggunakan pengetahuan atau informasi tersebut untuk menyeleseikan maslah yang baru. Kemudian data dianalisa menggunakan bahasa pemograman visual basic 2008.

Kata Kunci: Sistem pakar,Diagnosa penyakit kanker kulit melanoma,Metode Case Based Reasoning.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 52 times | PDF View: 36 times

References

M. Mentari, Y. A. Sari, and R. K. Dewi, “Deteksi Kanker Kulit Melanoma dengan Linear Discriminant Analysis - Fuzzy k- Nearest Neigbhour Lp- Norm,” vol. 2, pp. 34–39.

U. I. Indragiri, “APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PERNAPASAN MENGGUNAKAN METODE CASE-BASED REASONING,” vol. 3, 2017.

M. Zainuddin, K. Hidjah, and I. W. Tunjung, “Penerapan Case Based Reasoning (CBR) Untuk Mendiagnosis Penyakit Stroke Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor,” Citisee, pp. 23–24, 2016.

M. Arhami, Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi, 2005.

D. Mauli, “Tanggung jawab dokter terhadap kesalahan diagnosis,” vol. 1, pp. 38–51, 2017.

D. Kanker, K. Melanoma, B. Pengolahan, and M. W. Transform, “Menggunakan Wevelet Transform Detection of Skin Cancer Melanoma Based on Digital Image,” vol. 3, no. 3, pp. 4718–4723, 2016.

R. A. .-M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. 2011.

E. Sutanta, Pengantar Teknologi Informasi. 2005.

B. Raharjo, Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Informatika.

P. A. Aditya, Dasar dasar Pemograman Database Desktop dengan Microsoft Visual Basic.Net. 2008.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kanker Kulit Melanoma Menggunakan Metode Case Based Reasoning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License