Implementasi Algoritma Mars Pada Penyandian Citra Satelit

 (*)Susi Ramadhan Mail (Universitas Budi Darma,Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Citra Digital  adalah salah satu bentuk data digital yang banyak dipakai untuk menyimpan photo, gambar ataupun hasil karya dalam format digital, salah satunya adalah citra satelit. Citra digital sangat rentan terhadap penyadapan maupun pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Demi menjaga keamanan citra satelit dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknik kriptografi. Teknik kriptografi dapat menyandikan citra satelit dengan mengenkripsikannya ke dalam bentuk sandi-sandi yang tidak dipahami dengan menggunakan algoritma mars. Algoritma simetri ini akan menghasilkan tingkat keamanan yang lebih tinggi terhadap citra satelit karena dapat menyandikannya ke bentuk sandi dengan proses yang cukup rumit sehingga akan mempersulit kriptanalis untuk mengakses citra tersebut. Untuk membangun aplikasi yang terkomputerisasi ini  menggunakan Visual Basic 2008 sebagai aplikasi pendukungnya. Aplikasi ini dibuat sebagai upaya untuk meminimalisir tindakan-tindakan penyalahgunaan citra satelit.

Kata kunci : Kriptografi, Citra Satelit, Mars

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 279 times
PDF - 178 times

References

J. A. H. N. N. F-medan, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI SIMETRI IDEA Iskandar Zulkarnain , Ramenra Sinaga , Saniman Program Studi Sistem Komputer , STMIK Triguna Dharma PENDAHULUAN Sistem keamanan pengiriman data ( komunikasi d,” 1978.

R. D. Kusumanto and A. N. Tompunu, “Pengolahan Citra Digital Untuk Mendeteksi Obyek Menggunakan Pengolahan Warna Model Normalisasi RGB,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. Terap. 2011, vol. 2011, no. Semantik, pp. 1–7, 2011.

E. Setyaningsih, S.Si., M.Kom, Kriptografi & Inplementasinya menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi Publisher.com, 2015.

C. Algoritma, “Ketepatan Klasifikasi Status Pemberian Air Susu Ibu ( ASI ) Menggunakan Multivariate Adaptive Regression Splines ( MARS ) dan,” vol. 5, pp. 229–238, 2016.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Algoritma Mars Pada Penyandian Citra Satelit

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License