Analisa Prediksi Jumlah Kelulusan Siswa Paket B Dengan Menggunakan Algoritma C4.5 Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Hati Nurani Baru (PKBM Hanuba) Medan

 (*)Surianti S Mail (Universitas Budi Darma,Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Salah satu faktor untuk menentukan kualitas pendidikan adalah kemampuan siswa untuk menyelesaikan studi dengan tepat waktu, dan semua siswa tentunya menginginkan kelulusan dengan tepat waktu terkhususnya siswa paket B pada PKBM HANUBA Medan. Setiap tahunnya persen kelulusan setiap sekolah dapat berubah-ubah dan mungkin saja sama dengan tahun sebelumnya terkhususnya pada PKBM HANUBA Medan. Maka dari itu sangat perlu dilakukan prediksi pada kelulusan siswa paket B yang bertujuan untuk memprediksi kelulusan untuk tahun berikutnya. Dimana dalam hal ini Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dengan mencari pola atau aturan tertentu dari bongkahan data yang besar untuk mendapatkan sebuah informasi atau pengetahuan baru yang selama ini tidak diketahui secara manual, yang diharapkan dapat dijadikan suatu pola keputusan yang nantinya akan digunakan dalam menganalisa prediksi jumlah kelulusan siswa paket B. Dengan menggunakan algoritma C4.5 dapat digunakan dalam menganalisa jumlah kelulusan siswa paket B berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan yang akan menghasilkan suatu pohon keputusan, dari pohon keputusan inilah akan diambil pengetahuan-pengetahuan baru berupa rules atau aturan-aturan yang akan dijadikan pola keputusan. Dengan menggunakan algoritma ini dapat membantu memprediksi jumlah kelulusan siswa paket B di tahun berikutnya.

Kata Kunci: Prediksi, Siswa Paket B, Data Mining dan Algoritma C4.5.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 16 times | PDF View: 4 times

References

Kamagi, D. H., & Hansun, S. (2014). Implementasi Data Mining dengan Algoritma C4 . 5 untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa. ULTIMATICS, Vol. VI, No. 1 | Juni 2014, VI(1), 15–20.

H.Sarjono,“PREDIKSI JUMLAH PENERIMAAN SISWA SMK SWASTA TAHUN AJARAN 2011/2012 Peramalan”, no. 9, pp. 923–933, 2012.

Kompri,“STANDARDISASI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional”, Jakarta: Kencana,2017.

F. Universitas, L. Mangkurat, P. Paket, P. Barito, K. Banjarmasin, P. Barito, and P. Barito, “PEMBELAJARAN PAKET B DI PKBM BARITO KOTA,” no. 2, pp. 165–175.

Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi, “Algoritma Data Mining”, Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2009.

Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014 Yogyakarta, 15 November 2014 ISSN: 1979-911X,” no. November, 2014.

F. Hadi,S. Kom, and M. Kom, “Penerapan Data Mining Dalam Menganalisa Pemberian Pinjaman Dengan Menggunakan Metode Algoritma C5.0 ( Studi Kasus : Koperasi Jasa Keuangan Syariah Kelurahan Lambung Bukik ),” vol. 4, no. 2, pp. 214–223, 2017.

Nugroho.Adi,“Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java”,Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

Aprilla, Dennis, Donny Aji Baskoro, Lia Ambarwati, dan I Wayan Simri Wicaksana. (2012), “Belajar Data Mining dengan RapidMiner”, Jakarta: Gramdia Pustaka Utama.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Analisa Prediksi Jumlah Kelulusan Siswa Paket B Dengan Menggunakan Algoritma C4.5 Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Hati Nurani Baru (PKBM Hanuba) Medan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License