Perancangan Aplikasi Chord Biola Lagu Pop Indonesia Dengan Menerapkan Algoritma Apostolico Crochemore Berbasis Android

 (*)Eli Sapitri Pulungan Mail (STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Lince Tomoria Sianturi (STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Chord atau biasa juga disebut dengan kunci adalah gabungan beberapa nada yang dibunyikan sehingga menciptakan suara harmonis, menggunakan alat musik biola untuk mengiringi lagu pop indonesia yang baik yaitu untuk menguasai chord biola atau biasa disebut dengan tangga nada bermain alat musik biola. Chord untuk alat musik biola sangatlah banyak, setiap chord alat musik biola memiliki bunyi nada yang berbeda, hal tersebut menyebabkan masyarakat umum yang baru mengenal alat musik biola kesulitan melakukan pencarian informasi mengenai Chord biola lagu pop Indonesia dalam waktu cepat dan tepat. String matching adalah proses pencarian semua kemunculan query yang selanjutnya disebut pattern ke dalam string yang lebih pajang. String matching juga dapat diartikan sebagai sebuah permasalahan untuk menemukan pola susunan karakter string di dalam string lain atau bagian dari isi teks. Algoritma Apostolico-Crochemore merupakan salah satu jenis algoritma string matching yang melakukan perbandingan karakter pada teks sebanyak 3n/2 dimulai dari kiri ke kanan pada kasus terburuknya. Pada perancangan aplikasi cord biola lagu pop indonesia berbasis android penulis membuat fitur pencarian cord biola lagu pop indonesia yang dapat memperoleh hasil pencarian berupa cord biola secara efektif dan efesien dengan mengimplementasikan agoritma string matching, yaitu algoritma Apostolico-Crochemore.

Kata Kunci : Chord, Biola,Lagu, Pop, Apostolico-Crochemore, Android.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 2 times

References

https://ratdix.wordpress.com/2008/10/06/pengenalan-chord/

Fince Tinus Waruwu & Mesran, “Implementasi Algoritma Knuth Morris Pratt Pada Aplikasi Kamus Istilah Latin Flora dan Fauna Berbasis Android,” vol. IV, 2014

Mokhamad Syaroni & Rinaldi Munir, “Pencocokan String Berdasarkan Kemiripan Ucapan (Phonetic String Matching) dalam Bahasa Inggris, “2016

Sindy Gita Ratri, “Penggunaan Algoritma Apostolico-Crochemore pada Proses Pencarian String di Dalam Teks”, 2007.

Dewi Zahra, “Implementasi Algoritma Apostolico-Crochemore pada aplikasi kumpulan hadits shahih berbasis android”, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, Medan, Skripsi 2016.

Kamara G. H. Visualisasi Beberapa Algoritma Pencocokan String Dengan Java, Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2008.

Ana Ervana & Asri Pertiwi, “Implementasi Algoritma Pencocokan String pada Aplikasi Pengarsipan Berbasis Web”, vol. 3, 2012.

Dkk., Diana Effendi, “Penerapan String Matching Menggunakan Algoritma Boyer-Moore pada Translator Bahasa Pascal ke C”, 2013.

Syaroni & Munir, Pencocokan String Berdasarkan Kemiripan Ucapan (Phonetic String Matching) dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta: SNATI UII, 2005.

Sindy Gita Ratri, “Penggunaan Algoritma Apostolico-Crochemore Pada Proses Pencarian String di Dalam Teks”, 2007.

https://www.apaarti.com/piala.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Piala

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi, 2010.

Rosa dan M. Shalahuddin A.S, Rekayasa Perangkat Lunak Yogyakarta: Modula, 2011.

Mohamad Arif Sudarsono & Krisnawati, “Analisis dan Perancangan Aplikasi “fun 2d shapes learning” berbasis mobile android”, vol. 15, 2014.

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android.

Nasruddin Safaat H, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung, 2015.

Fikri Rijul, Pemrograman Java. Yogyakarta: Andi, 2005.

Uli Fitrianti & Mutammimul Ula, “Implementasi Algoritma Levenshtein Distance dan Algoritma Knuth Morris Pratt pada Aplikasi Asmaul Husna berbasis Android, “Jurnal Sistem Informasi.

M. Hilmi Masruri, Buku Pintar Android, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2015.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Perancangan Aplikasi Chord Biola Lagu Pop Indonesia Dengan Menerapkan Algoritma Apostolico Crochemore Berbasis Android

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Majalah Ilmiah INTI
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com
Creative Commons Attribution 4.0 International License
.