Implememtasi Metode Naivee Bayes Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Arteriosklerosis

 (*)Edi Arianto Mail (STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Penyakit Arteriosklerosis merupakan pengerasan pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Kondisi ini tidak normal karena pembuluh darah yang sehat seharusnya bersifat lentur, fleksibel, dan elastis. Arteriosklerosis menyebabkan aliran darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi dari jantung menuju berbagai jaringan tubuh menjadi terganggu. Sistem pakar (Expert Sistem) merupakan cabang dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Agar dapat mengatasi masalah tersebut merancang aplikasi sistem pakar guna mempermudah dalam mendiagnosa penyakit arteriosklerosis untuk dijadikan sebagai alternative atau asisten seorang pakar yang ahli di bidang diagnosa penyakit Arteriosklerosis. Pada penelitian ini penulis merancang sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit Arteriosklerosis menggunakan bahasa pemrograman vb.net 2008 dan MySQL sebagai ruang penyimpanan data. Dalam perancangan Sistem Pakar Diagnosa Arteriosklerosis pada penelitian ini penulis mengimplementasikan metode Naive Bayes. Naive Bayes adalah metode yang mengasilkan klasifikasi kelas dengan membandingkan nilai posterior dari kelas-kelas yang ada. Nilai posterior yang paling tinggi yang terpilih sebagai hasil klasifikasi. Metode Naive Bayes bekerja secara fitur independen yang artinya sebuah fitur dalam sebuah data tidak berkaitan dengan ada atau tidaknya fitur yang lain dalam data yang sama. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem pakar diagnosa Arteriosklerosis dengan menimplemntasikan metode naivee bayes guna membambantu dalam mengetahui informasi diagnosa penyakit bronkiektasis secara efektif dan efesien sebagai alternative atau asisten seorang pakar yang ahli di bidang  diagnosa penyakit Arteriosklerosis karena sistem pakar yang dirancang mengadopsi kemampuan seorang pakar dibidang penyakit Arteriosklerosis.

Kata Kunci : Siste Pakar, Metode Naïve Bayes, Arteriosklerosis, VB.Net 2008

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 2 times

References

https://www.alodokter.com/arteriosklerosis, (2018.Mei.3).

Dkk. Agustina Simangunsong, "Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Bayes Untuk Diagnosa Gejala Asma Pada Puskesmas Deli Tua," vol. Vol. 2, 2017.

Dkk. Healtho Brilian Argario, "Implementasi Metode Naive Bayes Untuk Diagnosis Penyakit Kambing (Studi Kasus : UPTD. Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Kec. Singosari Malang)," vol. Vol. 2, 2018.

Indriana Candra Dewi, Sistem pakar diagnosa penyakit sapi potong dengan metode naive bayes, Journal of Environmental Engineering & Sustainable Technology, 2015.

Dkk., Kecerdasaan Buatan, Andi, Yogyakarta, 2011 T. Sutojo,.

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-penyakit-menurut-para-ahli/

Menggunakan UML, Informatika, Bandung, 2011 Herlawati Widodo Pudjo Prabowo,.

Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP, Andi, Yogyakarta, 2010. Adi Nugroho,.

Analisis & Desain Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta, 2005. Jogiyanto Hartono,.

Membangun Aplikasi Toko dengan Visual Basic 2008, Andi, Yogyakarta, 2009. Wahana Komputer,.

Dasar Perancangan dan Implementasi, Andi, Yogyakarta, 2008. Abdul Kadir,.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implememtasi Metode Naivee Bayes Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Arteriosklerosis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Majalah Ilmiah INTI
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com
Creative Commons Attribution 4.0 International License
.