Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Polisi Militer Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) (Studi Kasus : Detasement Polisi Militer (Denpom) I/5 Medan

 (*)Dinda Tamara Azmi Mail (STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Polisi Militer merupakan polisi dari organisasi militer yang bertugas menyelenggarakan pemeliharaan, penegakkan kedisplinan, hukum, dan tata tertib dilingkungan dalam suatu negara. Polisi Militer juga bekerja sama dengan Kepolisian Negara Indonesia dalam kasus yang melibatkan POLRI dalam melaksanakan tugas operasi lalu lintas gabungan, dan juga bertugas sebagai pelaksanaan pengawalan khusus. Dalam proses pemilihan Polisi Militer Terbaik penulis menerapkan Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Additive Ratio Assessment (ARAS) dan penulis membuat lima variabel input yaitu : tepat waktu, sesuai aturan, jadwal kegiatan, melaksanakan tugas dan tanggung jawab agar dapat memberikan kemudahan bagi pimpinan dalam menentukan polisi militer yang profesional yang displin dan bertanggung jawab dalam bekerja Hasil perhitungan menggunakan metode additive ratio assesment maka didapatlah hasil keputusan nilai yang tertinggi yaitu 0,46 dengan menggunakan SPK ini diharapkan agar dapat mempermudah komandan dalam  pemilihan polisi militer dan dapat menghemat waktu.

Kata kunci : Polisi Militer, Sistem Pendukung Keputusan , Metode Additive Ratio Assesment (ARAS)

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 580 times
PDF - 348 times

References

Tata Sutabri “Konsep Sistem Informasi,” hal. 20–26, 2012.

Edmundas Kazimieras Zavadskas “Multiple Criteria Decision Support System For Assesment Of Projects Managers In Construction” hal 502-520,2012.

Titik Murdatik “Simulasi Pemilihan Suplier Simlisia Terbaik Di PT. Air Mancur Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment”, 2013.

Putrandi Yusuf Ahmadi “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment dan Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Penilaian Kerja Pegawai Di Badan Pelayanan Sosial Kabupaten Kendal ”.

Prof. Dr.Azhar Susanto, MBus, AK, CPA, ”Sistem Informasi Akutansi”, hal.22-23,2017.

D. I. Komputer, “Sistem informasi pendukung keputusan,” no. November, 2011.

Kusrini, M.Kom “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan” hal. 3-32, 2007

Abdul Kadir,”Pengenalan Algoritma,” hal 19-23,2013.

Rosa A,S M. Shalahuddin,” Rekayasa Perangkat Lunak,” hal 43-160, 2016.

R.H.SIANIPAR, “Pemrograman Visual Baic.Net 2014,”hal. 2-5, 2009.

Hengky Alexander Mangkulo dan Winpec Solution, “Microsoft Access 2010 untuk Pemula,”2010.

Wikipedia,(2018, Juni 30),Sistem[online] Available:https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem.

Kadarsah,” Dalam Tulisan Utami ” 2012

E. K. Zavadskas dan Z. Turskis, “A new additive ratio assessment ( ARAS) method in multicriteria decision ‐ making,” vol. 8619, 2011.

Hendri Susanto , “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment dalam pendukung keputusan pemilihan susu gym terbaik untuk menambah masa otot,” 2018.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Polisi Militer Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) (Studi Kasus : Detasement Polisi Militer (Denpom) I/5 Medan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)




Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License