Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kelulusan Seorang Calon Advokat (Studi Kasus: Peradi Medan)

 (*)Darnisman Waruwu Mail (STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Henry Kristian Siburian (STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum baik didalam maupun diluar pengadilan yang memiliki persyaratan berdasarkan ketentuan Undang-Undang. Pemberian jasa hukum yang dilakukan oleh advokat meliputi memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan klien dengan mendapatkan honorarium atau imbalan atau jasa hukum yang diterima berdasarkan kesepakatan dengan klien atau memberikan jasa hukum secara cuma-cuma kepada klien yang tidak mampu. Klien dapat berupa orang, badan hukum atau lembaga lain yang menerima jasa hukum dari seorang advokat. Untuk memprediksi kelulusan calon advokat beberapa atribut atau kriteria yang digunakan antara lain, nilai ujian advokat (UPA), kehadiran pendidikan khusus profesi advokat (PKPA), lamanya waktu magang, data magang dan umur. Algoritma C4.5 adalah algoritma klasifikasi data dengan teknik pohon keputusan yang terkenal dan disukai karena memiliki kelebihan-kelebihan. Kelebihan ini misalnya dapat mengolah data numerik dan diskret, dapat menangani nilai atribut yang hilang, menghasilkan atutan-aturan yang mudah diintrepetasikan dan tercepat diantara algoritma-algoritma yang lain. Keakuran prediksi yaitu kemampuan model untuk dapat memprediksi label kelas terhadap data baru atau yang belum diketahui sebelumnya dengan baik.

Kata Kunci : Advokat, Prediksi Kelulusan, Algoritma C4.5

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 3 times

References

Musrifah, "Implementasi Teknologi Informasi Menggunakan Human Organization Technology (HOT) FIT Model di Perpustakaan Perguruan Tinggi," JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), vol. 2, p. 226, 2017.

D. H. Kamagi and S. Hansun, "Implementasi Data Mining dengan Algoritma C4.5 untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa," ULTIMATICS, vol. 6, no. ResearchGate, p. 16, 2014.

B. M. Metisen and H. L. Sari, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," Jurnal Media Infotama, vol. 11, p. 111, 2015.

F. F. Harryanto and S. Hansun, "Penerapan Algoritma C4.5 untuk Memprediksi Penerimaan Calon Pegawai Baru di PT WISE," Jatisi, vol. 3, pp. 97-99, 2017.

Staf, "Arti Kata Kelulusan Makna Pengertian dan Definisi Dari Kelulusan," https://www.apaarti.com, 2018.

Rosdalina, "Peran Advokat Terhadap Penegak Hukum di Pengadilan Agama," Jurnal Politik Profetik, vol. 6, p. 112, 2015.

E. Iswandy, "Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa dan Pelajar Kurang Mampu di Kenagarian Barung-Barung Balantai Timur," Jurnal TEKNOIF, vol. 3, p. 73, 2015.

J. Hartono, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi, 1999.

S. Haryati, A. Sudarsono and E. Suryana, "Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5," Jurnal Media Infotama, vol. 11, p. 133, 2015.

D. Pramono, Analisa Data Profesional dengan Microsoft Excel 2010, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.

MADCOMS, Membangun Rumus & Fungsi Pada Microsoft Excel, Yogyakarta: Andi, 2015.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kelulusan Seorang Calon Advokat (Studi Kasus: Peradi Medan)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Majalah Ilmiah INTI
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com
Creative Commons Attribution 4.0 International License
.