Sistem Pendukung Keputusan Uji Kelayakan Konsumsi Ikan Kaleng Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android

 (*)Muhammad Azis Fikri Mail (STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Konsumsi ikan kaleng pada masyarakat cenderung terus meningkat, seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat termasuk pola konsumsinya. Sementara itu pengetahuan masyarakat masih belum memadai untuk dapat memilih dan menggunakan produk secara tepat, benar dan aman. Akibat dari kurangnya diterapkan sistem penentuan kelayakan pada setiap produk terutama ikan kaleng akan berdampak pada penggunaannya seperti ikan kaleng yang tidak layak untuk dikonsumsi. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan penentuan pemilihan ikan kaleng yang dapat dikonsumsi dan layak edar yang dapat terisolir dengan cepat sehingga pihak-pihak yang berwenang didalam proses penentuan kelayakan dapat melakukan kewajibannya dengan proses yang mudah dan tepat. Hasil iplementasi sistem, disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode ini dapat membantu manajemen keputusan dalam pengambilan keputusan terhadap pilihan alternativ untuk mendapatkan keputusan yang akurat dan optimal serta memecahkan suatu masalah.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Kelayaan, Fuzzy Tsukamoto, Android

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF - 285 times

References

Leon Andretti Abdillah, Muhammad Sobri Tri Murti, "Sistem Penunjang Kelayakan Pemberian Pinjaman Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto," Seninar Nasional Dan Tren(SNIT), pp. 252-259, 2015.

Priranda, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI(STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL)," Jurnal Sarjana Teknik Informatika, p. 574, Oktober 2013.

ABU BAKAR, LISYE FITRIA ANGGI SENDI ADITYA, "Analisis Kelayakan Usaha Lemari/Rak Simpleand Easy DeliveryDi Kecamatan Cikarang," Jurnal Online Institut Teknologi Nasional , vol. 2, no. 1, pp. 12-18, Juni 2014.

Yolanda Hani Putriani, "POLA PERILAKU KONSUMSI ISLAMI MAHASISWA MUSLIM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA DITINJAU DARI TINGKAT RELIGIUSITAS," JEST, vol. 2, no. 7, pp. 570-576, July 2017.

Dyah Agustin Wulandari, "KUALITAS MUTU BAHAN MENTAH DAN PRODUK AKHIR PADA UNIT PENGALENGAN IKAN SARDINE DI PT. KARYA MANUNGGAL PRIMA SUKSES MUNCAR BANYUWANGI," Jurnal KELAUTAN, vol. 2, no. 1, pp. 40-46, April 2009.

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, 1st ed., Andi Offset, Ed. Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset, 2009.

Andi Juansyah, "PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKERBERBASIS ASSISTED –GLOBAL POSITIONING SYSTEM(A-GPS) DENGAN PLATFORM ANDROID," Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 1, no. 1, pp. 1-8, Agustus 2015.

Fathurrahman Kurniawan Ikhsan, "Penerapan Fuzzy Tsukamoto Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang," SEMBISTEK 2014 IBI DARMAJAYA, pp. 459-466, Desember 2014.

Ali Mulyanto, "Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Jumlah Jam Overtime Pada Produksi Barang di PT Asahi Best Base Indonesia (ABBI) Bekasi[," Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 1, no. 1, pp. 1-11, September 2016.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pendukung Keputusan Uji Kelayakan Konsumsi Ikan Kaleng Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)




Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License