Implementasi Algoritma Zhu-Takaoka Pada Aplikasi Pencarian Data Katalog Patung Di Museum Seluruh Indonesia

Authors

  • Marudi Situmorang STMIK Budi Darma, Medan

Abstract

Museum adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan pengunjung. Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan. Sejak tahun 1977, setiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Museum Internasional. Zhu-Takaokaadalah mencocokan pattern pada awal teks dari kanan ke kiri yang biasanya menghasilkan hasil terbaik secara partikal. Algoritma Zhu-Takaoka akan mencocokkan karakter per karakter pattern dengan karakter di teks yang bersesuaian sampai kondisi yang sudah ditentukan terpenuhi. Berdasarkan penelitian ini penulis tertarik pada pencarian data katalog patung di seluruh Indonesia agar dapat mempermudah mengetahui sejarah-sejarah patung yang ada di meseum.

Kata Kunci: Katalog, Patung, String Matching, Algoritma Zhu-Takaoka

Author Biography

Marudi Situmorang, STMIK Budi Darma, Medan

Teknik Informatika

References

Andri Kinoyo Kusrini, Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi Dengan

Microsoft Visual Basic & SQL Server, Yogyakarta: Andi Offset,2007.

P. D. Suarga, M.Sc, m.Amath, algoritma dan pemograman, II, yogyakarta: andi,2012,

T. Pada And A. Kamus, “IMPLEMENTASI ALGORITMA ZHUâ€, vol 5, no.2, pp. 147-15,2017.

T. Ilmiah,â€Implementasi Algoritma Brute Force Dalam Pencarian Data Katalog Buku Perpustakaanâ€, pp.100-104,2014.

A.Knuth, M.Pratt, D.A.N.Algoritma, B.Moore,A.Knuth,M.Pratt,and A.B.Moore,â€Perancangan Aplikasi Penacrian Kaa Dengan Kombinasi Algoritma Knuth Morris Pratt Dan Algoritma Boyer Mooreâ€, no May, 2017.

Adi Nigroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Menggunakan Metode USDP.Bandung:Andi Offset,2010.

Sholiq, Pemodelan Sistem Informasi Beriorintasi Objek Dengan UML, Yogyakarta:Graha Ilmu,2006.

Nazaruddin Safaat H. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphonen Dan Tablet Pc Berbasis Android Bandung:Informasi,2015.

Ir.Yuniar Supriadi, Pemograman Database Dengan Java Da Mysql.Jakarta:PT.Alex Media Kompetindo,20017.

Downloads

Published

2020-02-14