Perancangan Sistem Identifikasi Biometrik Iris Mata Menggunakan Metode Transformasi Hough

 (*)Manogu Supriadi Purba Mail (STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Sistem biometrik memberikan identifikasi secara otomatis dari individu berdasarkan ciri atau karakteristik unik yang dimiliki setiap individu. Pada saat ini identifikasi iris mata merupakan teknologi biometrik yang relatif baru dengan beberapa keuntungan yang dimilikinya seperti kestabilan dan keamanan .Sistem pengenalan iris mata terdiri dari proses segmentasi dan ekstraksi ciri menggunakan transformasi hough dan disimpan sebagai iris template. Dalam penelitian ini digunakan data citra mata keabuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari mata yang sama, sistem pengenalan iris mampu mengenali citra mata dengan tingkat keberhasilan 100%.  Untuk menciptakan hal tersebut diatas penulis melakukan penelitian, sistem pengenalan untuk iris mata. Proses pengenalan yang di lakukan adalah dengan mencari suatu ekstraksi ciri dengan Transformasi Hough. Filter ini digunakan untuk mengetahui mata siapa yang paling sesuai dengan yang ada di dalam database. Percobaan yang di lakukan untuk proses pengenalan ini diambil dari citra mata skala keabuan yang siap untuk diproses.

Kata Kunci: Identifikasi, Iris mata, Segmentasi, Transformasi, Hough

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 24 times

References

B. dan Whitten, “system analysis and design for the global enterprise.” 2009.

A. D. L. Tumuli, 1*, X. N. Najoan, 2, A. M. Sambul, and 3, “Implementasi Teknologi Biometrical Identification untuk Login Hotspot,” E - J. Tek. Inform., vol. 12, pp. 1–5, 2017.

A. D. L. Tumuli et al., “Implementasi Teknologi Biometrical Identification untuk Login Hotspot,” vol. 12, no. 1, pp. 1–5, 2017.

A. H. Maimunah, “Sistem pengenalan iris mata manusia dengan menggunakan transformasi wavelet,” Snati, vol. 2007, no. Snati, 2007.

Zahendi and E. Janitra, “Perancangan Program Aplikasi Deteksi Iris Mata Untuk Absensi Karyawan Menggunakan Metode Gabor Wavelet,” Comtech, vol. 2, no. 1, pp. 175–179, 2011.

F. A. Hermawati, No Title, vol. 3. 2013.

A. K. & A. Susanto, Teori dan Aplikasi Pengolahan citra. 2013.

A. KURNIADI, pemograman microsoft visual basic 6. 1999.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Perancangan Sistem Identifikasi Biometrik Iris Mata Menggunakan Metode Transformasi Hough

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Majalah Ilmiah INTI
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com
Creative Commons Attribution 4.0 International License
.