UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA POKOK BAHASAN KISAH KELUARGA TENTANG ANAK YANG BIJAK DAN YANG BEBAL DIKELAS III (Studi Kasus : SD Negeri 060883 Medan Petisah Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Motivasi belajar adalah membangun semangat belajar anak. Agama dianggap salah satu pelajaran yang membosankan. Sehingga jangan disalahkan apabila disetiap jam pelajaran Agama siswa cenderung enggan dan malas. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu ada solusi dalam penyampaian mata pelajaran Agama dengan menggunakan berbagai cara yang menarik yang ada kaitannya denga kehidupan sehari-hari. Agar anak dapat dengan sungguh-sungguh dan bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajajar khususnya pelajaran Pendidikan Agama, maka perlu dilakukan suatu evaluasi. Salah satu hubungan dalam memotivasi anak belajar adalah peranan guru dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diupayakan langkah-langkah yang dapat dilaksanakan baik siswa maupun guru. Guru hendaknya mengemas proses belajar mengajar dengan metode yang tepat dan menarik dalam penyajiannya. Salah satu langkah adalah menggunakan metode variasi dan bantuan alat peraga.Menurut pendapat Hoetomo: proses belajar dan mengajar dalam memotivasi peranan yang sangat penting adalah guru sebagai pengajar, sebagai fasilator, pengelola kelas,demonstrator dan evaluator.
References
Alkitab Terjemahan, 1992, Lembaga Alktab Indonesia
Slameto, 2007, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta
D.L Baker dan A.A, Sitompul, 2007, Kamus Ibrani Indonesa,Jakarta BPK.Gunung Mulia, Skripsi
A.Tabrani, 1992, Pendekatan Kontekstual, Balai Pustaka, Jakarta
Arikunto, 2006, Kurikulum Berbasis Kompetensi, PT Rosda Karya, Bandung
Breys dan Herscovics (1997). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Dahar. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Deporter (2000) Teori - Teori Belajar, Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud, Jakarta [9] Guntur Sumilih. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka cipta
Holstein (1986). Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.
Nana Sudjana (1998), Belajar Dan Pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Roestiyah (1998). Strategi Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Rosita (1997), Taksonomi Variabel, IKIP Malang, Malang.
Sunardi (20026). Belajar dan faktor - faktor Yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sud dan Trowbridge (1990), Putrayasa (2001) Menjadi Guru Yang Mau Dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan. Bandung : MLC.
Skemp (1976 dalam Wahyudi (2001) .Pembelajaran Metode Agama. Jakarta : Kartika.
S.C.Utami Munandar, 1992. Berbahasa. Surakarta : Erlangga
Sunardi, 2006 Agama Pembelajaran Inkuiri Erlangga, Jakarta.