IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA PADA APLIKASI PENCARIAN BENGKEL TAMBAL BAN TERDEKAT DI KOTA MEDAN BERBASIS ANDROID
Abstract
Pencarian rute terpendek ini telah diterapkan di berbagai bidang untuk mengoptimasi kinerja suatu sistem, baik untuk meminimalkan biaya atau mempercepat jalanya suatu proses. Salah satu faktor yang dapat mengakibatkan masalah dalam berkendara adalah mendapati ban kendaraan bocor di jalan karena tertusuk paku, terkena jebakan, ataupun sebab lain. Hal tersebut memengaruhi kebutuhan akan layanan kendaraan bermotor seperti bengkel tambal ban. Kendala yang dihadapi bagi pengendara dalam mencari bengkel tambal ban harus mencari dan menelusuri sepanjang jalan tanpa mengetahui kearah mana pengendara dapat menemukan bengkel tersebut. Pengendara juga harus bertanya kepada setiap warga sekitar yang ditemui sehingga akan mengakibatkan lamanya proses pencarian. Pada pencarian yang dilakukan ini menggunakan algoritma Dijkstra, metode ini dipilih karena mampu mencari jalur terdekat dengan melakukan kalkulasi terhadap semua kemungkinan bobot terkecil dari setiap titik. Dengan kata lain algoritma ini menghitung lintasan berdasarkan jarak terpendek yang di tempuh. Media informasi tersebut dapat berupa teknologi yang mengikuti perkembangan teknologi informasi, teknologi yang tepat digunakan adalah teknologi Global Positioning System (GPS), salah satunya smartphone yang berbasis sistem operasi Android. Untuk mengetahui bengkel tambal ban, diperlukan teknologi yang mampu menyimpan dan mendistribusikan data bengkel tambal ban.
 Kata Kunci: Lintasan Terpendek, bengkel tambal ban, Dijkstra
References
Rinaldi Munir, Matimatika Diskrit. Bandung: Informatika, 2012.
M.Sc Drs. Jong Jek Siang, Matematika Diskrit dan Aplikasinya Pada Ilmu Komputer. Yogyakarta: Andi, 2009.
Andri Kinoyo Kusrini, Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi Dengan Microsoft Visual Basic & SQL Server. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
Nazaruddin Safaat H, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2015.
Sholiq, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Menggunakan Metode USDP. Bandung: Andi Offset, 2010.