IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA PADA APLIKASI PENCARIAN BENGKEL TAMBAL BAN TERDEKAT DI KOTA MEDAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Sutriono Sutriono STMIK Budi Darma, Medan

Abstract

Pencarian rute terpendek ini telah diterapkan di berbagai bidang untuk mengoptimasi kinerja suatu sistem, baik untuk meminimalkan biaya atau mempercepat jalanya suatu proses. Salah satu faktor yang dapat mengakibatkan masalah dalam berkendara adalah mendapati ban kendaraan bocor di jalan karena tertusuk paku, terkena jebakan, ataupun sebab lain. Hal  tersebut memengaruhi  kebutuhan  akan  layanan  kendaraan  bermotor  seperti  bengkel tambal  ban. Kendala yang dihadapi bagi pengendara dalam mencari bengkel tambal ban  harus mencari dan menelusuri sepanjang jalan tanpa mengetahui kearah mana pengendara dapat menemukan bengkel tersebut. Pengendara juga harus bertanya kepada setiap warga sekitar yang ditemui sehingga akan mengakibatkan lamanya proses pencarian. Pada pencarian yang dilakukan ini menggunakan algoritma Dijkstra, metode ini dipilih karena mampu mencari jalur terdekat dengan melakukan kalkulasi terhadap semua kemungkinan bobot terkecil dari setiap titik. Dengan kata lain algoritma ini menghitung lintasan berdasarkan jarak terpendek yang di tempuh. Media informasi tersebut dapat berupa teknologi  yang  mengikuti  perkembangan  teknologi  informasi,  teknologi yang  tepat  digunakan  adalah  teknologi  Global  Positioning  System (GPS),  salah  satunya smartphone yang berbasis sistem operasi Android. Untuk mengetahui bengkel tambal ban, diperlukan teknologi yang mampu menyimpan dan mendistribusikan data bengkel tambal ban.

 Kata Kunci: Lintasan Terpendek, bengkel tambal  ban, Dijkstra

References

Rinaldi Munir, Matimatika Diskrit. Bandung: Informatika, 2012.

M.Sc Drs. Jong Jek Siang, Matematika Diskrit dan Aplikasinya Pada Ilmu Komputer. Yogyakarta: Andi, 2009.

Andri Kinoyo Kusrini, Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi Dengan Microsoft Visual Basic & SQL Server. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Nazaruddin Safaat H, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2015.

Sholiq, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Menggunakan Metode USDP. Bandung: Andi Offset, 2010.

Downloads

Published

2019-12-26