PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN KAMUS BERGAMBAR MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI)
Abstract
Perkembangan teknologi komputer akhir-akhir ini membawa dampak dalam berbagai lapisan bidang usaha, masyarakat tua, remaja dan anak-anak sehingga komputerisasi menjadi tuntutan yang mendasar. Komputerisasi dapat dilakukan terutama dalam bidang pendidikan mulai dari tingkat Perguruan Tinggi, SMU, SLTP, SD sampai TK (Taman Kanak-kanak) yang masih menggunakan papan tulis sebagai salah satu media pembelajaran. Dikarenakan adanya tuntutan itulah perlu dilakukan pengembangan aplikasi pembelajaran. Aplikasi pembelajaran tersebut dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan metode Computer Based Intruction. Aplikasi pembelajaran ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan pengajar dan siswa TK (Taman Kanak-kanak 4-6 tahun) dalam proses belajar mengajar agar proses tersebut menjadi efektif dan efisien. Dengan metode Computer Based Instruction (CBI) maka aplikasi yang dibuat akan dilengkapi dengan gambar dan audio. Dalam sistem ini komputer seolah-olah bertindak sebagai tutor yang akan memberikan materi pembelajaran kepada si pembelajar. Dengan menggunakan metode ini maka belajar mengenal gambar akan menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan serta dapat dijadikan sebagai sumber balajar yang efektif dan efisien dan menarik. Dimana aplikasi ini dapat dilengkapi dengan pelafalan, input materi dari tujuh materi yang telah tersedia pada aplikasi dan pada penggunaan aplikasi ini diharapkan siswa sudah mengenal dan pernah menggunakan komputer.
Kata kunci : Computer Based Intruction, komputerisasi, pengenalan gambar, taman kanak-kanak, pendidikan