PERANCANGAN APLIKASI PENDETEKSIAN KEMIRIPAN DOKUMEN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY BERBASIS ANDROID

 (*)Rolina Pakpahan Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan, —)

(*) Corresponding Author

Abstract

Dalam perancangan aplikasi pembuatan dokumen teks, banyak masalah yang dihadapi penulis, mulai dari pemahaman ecelipse sebagai software aplikasi yang digunakan, merancang aplikasi yang akan menjadi solusi, serta pembuatan dokumen teks didalam ecelipse, dalam perancangan aplikasi para pemrogram harus benar-benar dapat memahami bahasa pemrograman yang akan dirancang di dalam ecelipse agar bisa dapat berinteraksi dan menjadikan suatu rancangan dokumen teks yang akan dikembangkan. Dalam pemecahan diatas penulis mencoba metode cosine similarity string matching dalam menyelesaikan masalah peangaplikasian dokumen teks  tersebut.  ini merupakan pencaharian string matching dengan melihat karakter. Ecelipse merupakan tools dalam pembuatan dokumen teks yang digunakan penulis agar dapat merancang dokumen teks yang lebih dapat dan mudah dipahami dan dikembangkan oleh pemrogram lainnya. Ecelipse ini digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan disebuah flatfrom dan  para pemrogram dalam pengembangan aplikasi skala kecil sampai ke skala besar dan dapat mengaplikasikan dokumen teks yang akan dirancang, dan dimana pemrogram akan mengimplementasikan menggunakan android yang cenderung mudah di pelajari bagi para pemula khusunya.

Kata Kunci : pencarian, string, aplikasi, dokumen teks, string matching

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 353 times
PDF - 283 times

References

H Abdurahman and A R Riswayah, "Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada BANK Yudha Bhakti," Computech & Bisnis, vol. VIII, p. 62, Dec. 2014.

A.Firdaus Ernawati A.Vatresia, "Aplikasi PendeteksianI Kemiripan Pada Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Nazief Dan Adriani Dan Metode Cosine Similarity," TEKNOOGI Informasi, vol. 10 Nomor 1, April 2014.

R Sarno, Y Anistyasari, and R Fitri, Semantic Search. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2012.

A S Rosa and M Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2011.

H N Lengkong, A A.E Sinsuw, and A S.M Lumenta, "Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps," Teknik Elektro dan Komputer, p. 20, 2015.

A Sinsuw and X Najoan, "Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik pada Perangkat Android," Teknik Elektro dan Komputer, p. II, 2013.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PERANCANGAN APLIKASI PENDETEKSIAN KEMIRIPAN DOKUMEN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY BERBASIS ANDROID

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)




Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License