SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAPTEN KAPAL PELAYARAN TERBAIK MENERAPKAN METODE ELECTREE (STUDI KASUS: PT. MSC PELAYARAN)

 (*)Putri Luska Hutagalung Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan, —)

(*) Corresponding Author

Abstract

Pada saat ini perkembangan ilmu Teknologi Informasi Komputer sudah sangat pesat, mulai dari dunia Pendidikan, Kedoteran, Pemerintahan dan segala aspek lainnya. Sehingga Teknologi Komputer sebagai sarana informasi menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dan tidak dapat dipisahkan. Perkembangan dunia komputer telah banyak menghadirkan program aplikasi maupun software pemrograman yang bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan. Permasalahan yang terjadi Saat Pemilihan Kapten kapal pelayaran terbaik. Kriteria yang diinginkan untuk menjadi Kapten kapal tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan pemilihan Kapten kapal memerlukan sistem pendukung keputusan (SPK) untuk mempercepat dan mempermudah dalam membuat suatu keputusan. Sistem pendukung keputusan digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi untuk mempermudah dalam pengambilan sebuah keputusan. Dari hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan Electree sebagai model sistem pendukung keputusan pemilihan kapten kapal pelayaran pada Pt. Msc pelayaran dapat membantu admin dalam menentukan calon kapten yang berhak masuk menjadi peserta kapten kapal dengan proses pembobotan multikriteria dan seleksi dengan lebih cepat, cermat dan lebih efektif.

 

Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Electree

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF - 144 times

References

. Abdul Kadir, (2003). “Pengenalan Teknologi Informasi” penerbit Andi Yogyakarta.

. Yuswanto, (2006). “Pemrograman Dasar Visual Basic. NET” penerbit Prestasi PustakaKarya Jakarta.

. Y.B. Mulyana, (2004). “Trik Membangun PHP dan MySQL” penerbit Elex Media Komputindo Jakarta.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAPTEN KAPAL PELAYARAN TERBAIK MENERAPKAN METODE ELECTREE (STUDI KASUS: PT. MSC PELAYARAN)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)




Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License