ANALISA PERBANDINGAN METODE ADAPTIVE MEDIAN FILTERING DAN GEOMETRIC MEAN FILTER UNTUK REDUKSI NOISE CITRA DIGITAL

 (*)Syamsuri Syamsuri Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan, —)

(*) Corresponding Author

Abstract

Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, sangat membawa kemajuan yang semakin berarti dalam berbagai aspek, salah satu teknologi yang berkembang begitu pesat adalah pengolahan citra. Banyak peralatan elektro seperti scanner, kamera digital, mickrosop digital. Perangkat lunak untuk mengolah citra digital sangat populer dalam perkembangannya, digunakan oleh pengguna untuk mengolah foto atau untuk sebagai keperluan lain. Kamera Handphone dan DSLR (Digital Single Lens Reflex) salah satu alat yang sering digunakan untuk mengambil foto karena lebih mudah mengunakannya dan perkembangan nya sangat pesat. Citra digital merupakan sebuah fungsi intensitas cahaya f(x,y), dimana harga x dan y merupakan koordinat spasial dan harga fungsi f tersebut pada setiap titik (x,y) merupakan tingkat kecemerlangan atau intensitas cahaya citra pada titik tersebut. Citra digital adalah suatu matriks dimana indeks baris dan kolomnya menyatakan suatu titik pada citra tersebut dan elemen matriksnya yang disebut sebagai elemen gambar atau piksel menyatakan tingkat keabuan pada titik tersebut. Indeks baris dan kolom (x,y) dari sebuah piksel dinyatakan dalam bilangan bulat (integer). Citra adalah suatu representasi, kemiripan dari suatu objek atau benda. Citra yang dikenal dalam komputer adalah citra dalam format digital. Meskipun sebuah citra kaya akan informasi, namun sering kali citra mengalami penurunan mutu, misalnya mengandung cacat atau noise. Noise (derau) adalah gambar atau pixel yang mengganggu kualitas citra. Untuk mengatasi noise tersebut perlu dilakukan usaha untuk memperbaiki kualitas citra. Salah satu teknik yang digunakan adalah perbaikan citra untuk reduksi noise yang melakukan restorasi citra dengan cara peningkatan kualitas. Dalam perbaikan citra untuk reduksi noise, terdapat beberapa metode yang sering digunakan, dua diantaranya adalah Adaptive Median Filtering dan Geometric Mean Filter.

Kata Kunci : Citra, Noise, Adaptive Median Filtering, Geometric Mean Filter.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 431 times
PDF - 198 times

References

Eko Prasetyo, Pengolahan Citra Digital Dan Aplikasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi, 2011.

Abdur kadir, Adhi Susanto, Teori Dan Aplikasi Pengolahan Citra. Yogyakarta: Andi, 2013.

Eka Ardhianto, Wiwien Hadikurniawati dan Zuli Budiarso, "Implementasi Metode Image Subtracting dan Metode Regionprops untuk Mendeteksi Jumlah Objek Berwarna RGB pada File Video," Teknologi Informasi DINAMIK, vol. xviii, no. 0854-9524, pp. 91-100, juli 2013.

Darma putra, Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi, 2010.

Fajar Astuti, Pengolahan Citra Digital Konsep Dan Teori. Yogyakarta: Andi, 2013.

Gilang Juanda, "Perancangan Aplikasi Reduksi Noise Pada Citra Digital Dengan Metode Vektor Median Filter(AMV)," Pelita Informatika Budi Darma, vol. viii, no. 2301-9425, desember 2014.

Wahana Komputer, Ragam Aplikasi Pengolahan

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel ANALISA PERBANDINGAN METODE ADAPTIVE MEDIAN FILTERING DAN GEOMETRIC MEAN FILTER UNTUK REDUKSI NOISE CITRA DIGITAL

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)




Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License