IMPLEMENTASI METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) DALAM MENENTUKAN LOKASI PEMASARAN LAPTOP BEKAS

Authors

  • Novita Sari STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan

Abstract

Lokasi pemasaran merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk menjual barang-barang laptop bekas yang ingin dipasarkan. Tempat strategis sangat menunjang bagaimana pemasaran berjalan dengan baik dan mencapai target yang diharapkan. Dengan menggunakan metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) maka akan memperlancar pemilihan lokasi pemasaran tersebut. Metode MOORA sangat bermanfaat dalam sistem pendukung keputusan untuk menentukan lokasi pemasaran terbaik karena pada metode ini dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal yaitu lokasi pemasaran terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk menetukan lokasi yang tepat dalam memilih lokasi pemasaran laptop yang tepat pada beberapa alternatif lokasi yang baik.

 

Kata Kunci : Implementasi, MOORA, Laptop Bekas

References

Solikhun, "Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer," Perbandingan Metode Weighted Product Dan Weighted Sum Model Dalam Pemilihan Perguruan Swasta Terbaik Jurusan Komputer, vol. 04, pp. 70-87, February 2017.

Maria IrminaPrasetyo Teddy Hartanto, "ULTIMATICS," Sistem pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web dengan Metode AHP (Sudi kasus:SAMCO COMPUTER), vol. IV, pp. 7-15, Desember 2012.

PhD a, Hasan Dinçer, PhD b, Ümit Hacıoğlu, PhDc Ali Görener, "International Journal of Finance & Banking Studies," Application of Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis, vol. 02, pp. 41-52, 2013.

Fatma Indriani, Muliadi Fahmi Setiawan, "Implementasi Metode Electre Pada Sistem Pendukung Keputusan SNMPTN Jalur Undangan," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 02, no. 02, pp. 88-101, 2015.

Garuda Ginting, Suginam, Robbi Rahim Mesran, "Implementation of Elimination and Choice Expressing Reality (ELECTRE) Method in Selecting the Best Lecturer (Case Study STMIK BUDI DARMA)," International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), vol. 6, no. 02, pp. 141-144, February 2017.

M.Kom Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, FL. Sigit Suyanbono, Ed. Yogyakarta, Indonesia: CV. Andi Offset, 2007.

Abdul Kadir, Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR, Dewiberta Hardjono, Ed. Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset, 2013.

M. Shalahuddin Rosa A.S., Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula, 2011.

Hendry Hartono, Karyana Hutomo, and Marshelia Mayangsari, "PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATANPADA PERUSAHAAN†DENGAN MENETAPKAN ALUMNI DAN MAHASISWA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA," Pengaruh strategi pemasaran, vol. 3, pp. 882-897, Dec. 2012.

Jaidan Jauhari Intan Oktariani, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS MOBILE UNTUK PENENTUAN KREDIT MODAL KERJA (KMK) PADA SUATU BANK," Jurnal Sistem Informasi, vol. 3, p. 306, April 2011.

WahanaKomputer, Panduan Praktis Microsoft Office. Semarang, Indonesia: Andi Offset, 2010.

Mr.Addie MS. (2016) simfonik.id. [Online]. simfonik.id/instrumen_brass.html

Andharini Dwi Cahyani Rika Yunitarini Eko Handoyo, "JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA," SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODUK UNGGULAN DAERAH MENGGUNAKAN METODE ENTROPY, vol. 7, no. 1, pp. 22-27, 2014.

Sistem Pendukung Keputusan. (2007) Santri's Blog. [Online]. http://hanif.wordpress.com/

Dwi Agus Diartono, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAGER," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. XI, p. 5, Januari 2006.

Abdul kadir, Pengenalan Sistem Informasi, revisi ed., Dewi H, Ed. yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014.

Jeperson Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, 1st ed., Galih Pangestu Jati Unggul pebri Hastanto, Ed. yogyakarta, Indonesia: Deepublish Publisher, 2014.

Downloads

Published

2019-05-24

Issue

Section

Articles