PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMP SWATA KARYA MURNI SIDIHONI KECAMATAN RONGGUR NIHUTA KABUPATEN SAMOSIR

Authors

  • Open Hutagaol Dinas Pendidikan-Pemerintah Kabupaten Samosir Jl. Kompleks Perkantoran Parbaba, Desa Siopat Sorsor, Kab. Samosir

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SMP Swasta Karya Murni Sidihoni Kecamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi Akademik. Penelitian dilakukan pada semester I, tepatnya pada bulan Juli-Nopember 2017. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah  guru kelas di SMP Swasta Karya Murni Sidihoni dengan jumlah 20 guru. Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut  dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi edukatif di sekolah-sekolah melaksanakan  supervisi  edukatif kolaboratif secara periodik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat  setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa  Berdasarkan hasil  supervisi edukatif siklus I dan siklus II  kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru  dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai  71,98 % sedangkan siklus II 92,44 %. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 75,49 % sedangkan siklus II mencapai 93,81 %. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 81,3 % sedangkan siklus II  90,56 %. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 54 % sedangkan siklus II 59,76 %. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 83 %.

 

Kata kunci : Kinerja, Supervisi,  Edukatif

References

Ekowati, Endang. 2001. Stategi Pembelajaran Kooperatif. Modul Pelatihan Guru Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas

Cooper, cary L. 2004. Psikologi Untuk Manajer. Jakarta: Arcan.

Kasianto, I Wayan 2004 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Diskusi Kelompok. Laporan Penelitian Kelas. Tidak dipublikasikan

Moekijat. 2000. Manajemen Keguruan dalam mengajar (Personal Manajemen). Bandung: Alimni.

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alfonso, RJ., Firth, G.R., dan Neville, R.F.1981. Instructional Supervision, A Behavior System, Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Bahri, Syaiful. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, M, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

De Porter, Bobbi. Reardon, M. Singer-Nourine, S. 2001. Quantum Teaching Mempraktikan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Lie, Anita. 2003. Cooperatif Learning Mempraktikan Cooperatif Learning Di Ruang ruang Kelas . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Prayitno, Elida. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Syafriani, Dewi. 2002. Pembelajaran “Cooperatif Learning†Alternatif Metode Dalam KBK. http://www.google.com. (12 Des. 2002).

Downloads

Published

2018-09-07