PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN REALISTIK DI SMP NEGERI 1 PALIPI

Authors

  • Marrison Sianturi Dinas Pendidikan-Pemerintah Kabupaten Samosir Jl. Kompleks Perkantoran Parbaba, Desa Siopat Sorsor, Kab. Samosir

Abstract

Interaksi pembelajaran di kelas membutuhkan variasi dan seni, proses interaksi antar siswa sangat mendukung pengembangan minat dan skil siswa. Dengan model ini masing-masing anggota grup diberikan suatu kegiatan spesifik untuk membangun minat belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap pencapaian tujuan. Dengan demikian bagi  guru dapat membantu untuk mencapai target materi. Berdasarkan uraian di atas, maka dengan melalui kegiatan penerapan model-model pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik dengan pendekatan realistik di SMP Negeri 1 Palipi, kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan sejumlah model pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik dengan pendekatan realistik di SMP Negeri 1Palipi. Berdasarkan hasil observasi terhadap sembilan RPP yang dibuat guru (khusus pada siklus I), diperoleh informasi/ data bahwa masih ada guru yang tidak melengkapi RPP-nya dengan komponen dan sub-subkomponen RPP penerapan model pembelajaran tertentu, misalnya komponen indikator dan penilaian hasil belajar (pedoman penskoran dan kunci jawaban).  Rumusan kegiatan siswa pada komponen langkah-langkah kegiatan pembelajaran masih kurang tajam, interaktif, inspiratif, menantang, dan sistematis.

 

Kata kunci : Hasil belajar, Supervisi, Audio, Visual, minat belajar

References

Darma Surya, (2009). Bahan Belajar Mandiri Dimensi Kompetensi Suvervisi. Jakarta: Direktorat jendral peningkatan Mutu pendidikan Nasional

Erman Suherman, (2009). Model-model Pembelajaran. http://re-searchengines.com/1207 trimo1.html Penelitian Tindakan Sekolah

S Syaodih Nana, (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah(konsep, prinsif, __ dan instrumen). Bandung : Aditama.

Sudrajat Akhmad. Pendekatan Pembelajaran

Udin Winataputra,( 1994,34), Model pembelajaran

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan ___Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan ___Dasar dan Menengah.

Piet, A. Sahertian. Frans Mataheru, Prinsip Teknik Supervisi Pendidikan, (Surabaya, Usaha ___Nasional, 1981

Downloads

Published

2018-09-07