PEMBINAAN CLCK (CONTOH, LATIHAN, CONTROL, KERJA MANDIRI) DALAM PROGRAM PROGRAM KERJA GURU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMP NEGERI 3 HARIAN DI KABUPATEN SAMOSIR TAHUN 2016/2017

Authors

  • Jhon David Naibaho Dinas Pendidikan-Pemerintah Kabupaten Samosir Jl. Kompleks Perkantoran Parbaba, Desa Siopat Sorsor, Kab. Samosir

Abstract

Pembinaan Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri (CLCK) dilakukan dalam Program Kerja  Guru Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Negeri 3 Harian dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah bila minimal Skor 12 (cukup aktif). Dalam mengelola  Kelas VIII maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam observasi adalah Antisiasme Guru Kelas VIII, interaksi Guru dengan pembina pengawas sekolah, interaksi dengan Guru dalam KKG, Kerja sama kelompok, aktivitas dalam diskusi kelompok. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus I  ke siklus II. Ketercapaian indikatorkinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian, dapat diumpamakan bahwa Model Pembinaan CLCK dalam program Program Kerja dapat meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 3 Harian di Kabupaten Samosir Tahun 2016/2017, Guru memberikan respon positif terhadap pembinaan CLCK dalam program Program Kerja dapat meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 3 Harian di Kabupaten Samosir. Dengan demikian dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain agar Model Pembinaan CLCK dalam program Program Kerja tetap dilaksanakan secara berkesinambungan, Model CLCK yang diperoleh untuk peningkatan Kompetensi Guru SMP Negeri 3 Harian, dalam program Program Kerja tetap dilaksanakan secara berkesinambungan. Hasil yang akan diperoleh dari penelitian ini adalah pemahaman menyeluruh tantang RPP yang dapat mengoptimalkan pemahaman guru terhadap RPP melalui pembinaan intensif, memahami konsep, serta mampu menyusun RPP dengan benar secara khusus di SMP Negeri 3 Harian.

Kata kunci : RPP, CLCK, Perencanaan, Pelaksanaan, Siswa, Guru, Kompetensi

References

Anonim, 2004, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Anonim, 2007, Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Sekolah SMA/SMK, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Anonim, 2005, Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2005, Jakarta, Tentang Guru dan Dosen, Cemerlang Jakarta.

Anonim, 2008, Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah TK/SD, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral PMPTS.

Basuki, Wibawa, 2003, Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah Bacaan Pendulung Pada Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah, UNY, Yogyakarta

Pedoman Pendampingan Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Bagi Pengawas Sekolah SD dan SMP,

Downloads

Published

2018-09-07