EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN LAPORAN KEUANGAN PADA SISWA KELAS X SMP NEGERI 1 RONGGURNIHUTA

 (*)Horas Naibaho Mail (Dinas Pendidikan-Pemerintah Kabupaten Samosir Jl. Kompleks Perkantoran Parbaba, Desa Siopat Sorsor, Kab. Samosir, —)

(*) Corresponding Author

Abstract

Hasil belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ronggurnihuta pada pelajaran akuntansi belum optimal. Hal ini diprediksi karena metode pembelajaran yang digunakan belum bervariasi dan keaktifan siswa masih rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut perlu diterapkan metode pembelajaran yang lebih mengedepankan keaktifan siswa. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif.  Permasalahan dalam penelitian ini: 1) Apakah ada perbedaan hasil belajar antara metode kooperatif dan konvensional? 2) Metode pembelajaran mana yang lebih efektif antara metode kooperatif dan konvensional? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar antara metode kooperatif dan konvensional. 2) manakah yang lebih efektif antara metode kooperatif dan konvensional. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ronggurnihuta Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 90 siswa. Sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII-A dan VII-B diambil dengan cluster random sampling. Variabel yang diteliti yaitu hasil belajar.  Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif sebesar 7.80, sedangkan siswa yang diajar menggunakan model konvensional sebesar 7.02.  Hasil uji diperoleh thitung sebesar 2.473 > ttabel (1.66) yang berarti Ho ditolak. Dengan penolakan Ho ini  menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode konvensional. Rata-rata hasil belajar yang menggunakan pembelajaran kooperatif lebih tinggi, yang berarti metode pembelajaran kooperatif lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional. 

Kata kunci :Pembelajaran, Kooperatif, Konvensional, Hasil_Belajar.

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin Zainal. 1991. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.

Bahri, Syaiful. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, M, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

De Porter, Bobbi. Reardon, M. Singer-Nourine, S. 2001. Quantum Teaching Mempraktikan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.

Lie, Anita. 2003. Cooperatif Learning Mempraktikan Cooperatif Learning Di Ruangruang Kelas . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Minarti,    Dina.        2004. Mengimplementasikan Kurikulum 2004. http://www.google.com. (29 Jan. 2004).

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nur, Mohamad, dkk. 1999. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Prayitno, Elida. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Syafriani, Dewi. 2002. Pembelajaran “Cooperatif Learning” Alternatif Metode Dalam KBK. http://www.google.com. (12 Des. 2002).

Tim MKDK. 1996. Belajar Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Tim UPT PPL UNNES. 2003. Buku Paket PPL : IKIP Semarang Press.

Yoga Firdaus, dkk. 2003. Buku Pelajaran Akuntansi Untuk Kelas I SMU. Jakarta: Erlangga.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 654 times
PDF - 125 times

References

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin Zainal. 1991. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.

Bahri, Syaiful. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, M, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

De Porter, Bobbi. Reardon, M. Singer-Nourine, S. 2001. Quantum Teaching Mempraktikan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.

Lie, Anita. 2003. Cooperatif Learning Mempraktikan Cooperatif Learning Di Ruangruang Kelas . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Minarti, Dina. 2004. Mengimplementasikan Kurikulum 2004. http://www.google.com. (29 Jan. 2004).

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nur, Mohamad, dkk. 1999. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Prayitno, Elida. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Syafriani, Dewi. 2002. Pembelajaran “Cooperatif Learning” Alternatif Metode Dalam KBK. http://www.google.com. (12 Des. 2002).

Tim MKDK. 1996. Belajar Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Tim UPT PPL UNNES. 2003. Buku Paket PPL : IKIP Semarang Press.

Yoga Firdaus, dkk. 2003. Buku Pelajaran Akuntansi Untuk Kelas I SMU. Jakarta: Erlangga.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN LAPORAN KEUANGAN PADA SISWA KELAS X SMP NEGERI 1 RONGGURNIHUTA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Majalah Ilmiah INTI (Informasi dan Teknologi Ilmiah)




Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License