PENERAPAN METODE LOGARITHMIC PADA PROSES KOMPOSISI WARNA PADA CITRA

 (*)Erwin Situmorang Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan, —)

(*) Corresponding Author

Abstract

Komposisi warna dari suatu citra sangat penting untuk diketahui dikarenakan proses pengubahan atau modifikasi pada citra selalu akan menggunakan warna dari citra tersebut sebagai basis awal modifikasi, Logarithmic Image Processing merupakan metode yang bias digunakan untuk menghitung komposisi warna dan pada penelitian ini penulis menggunakan metode ini untuk menghitung komposisi warna hitam dan putih dari citra. Pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual. Proses ini mempunyai ciri data masukan dan informasi keluaran yang berbentuk citra. Istilah pengolahan citra digital secara umum didefinisikan sebagai pemrosesan citra dua dimiensi dengan komputer. Dalam definisi yang lebih luas, pengolahan citra digital juga mencakup semua data dua dimensi. Citra digital adalah barisan bilangan nyata maupun kompleks yang diwakili oleh bit-bit tertentu. Kelebihan metode Logarithmic Image Procesing terdapat pada citra yang terkena pencahayaan warna tertentu, karena dapat menjaga color constancy atau ketetapan warnanya tanpa mengubah warna dasar citra sehingga meningkatkan kualitas citra.

 

Kata kunci: Pengolahan Citra, Logarithmic Image Procesing, Komposisi Warna

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 681 times
PDF - 336 times

References

H. Gupta ,K .K .Sharma and S. D .Joshi ,’’A Weighted Logarithmic Model based Enhancement of Weather Degraded Images,’’ International Journal Of Signal Processing , Image Processing and Pattern Recognition,vol. 6, no. 6, pp. 229-244, 2013.

Z. Zhou and Y. Zhou, ’’Comparative Study of Logarithmic Image Processing Models for Medical Image Enhancement, ’’in IEEE International Conference on Systems, Man, and Cybernetics, Hungaria, 2016.

G. Deng and L. W. Cahill,’’ The Logarithmic Image Processing Model and Its Application, ’’IEEE,pp. 1047-1051, 1993

R. Munir, Pengolahan Citra Digital, Bandung: Informatika, 2004

Y . P. Simaremare, A. Pribadi and P. Wibowo, ’’Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO TEKNIK POMITS ,vol. 2, no. 3, pp. 470-475, 2013.

Neti, E. Cofriyanti and R. Anggarini, ’’PERANCANGAN APLIKASI RENTAL MOBIL PADA CV KARYA BERSAMA PALEMBANG, ’’STMIK-MDP,pp. 1-10, 2008.

Adi Nugroho Pengolahan Citra Digital, Bandung: Informatika, 2004

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN METODE LOGARITHMIC PADA PROSES KOMPOSISI WARNA PADA CITRA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Majalah Ilmiah INTI (Informasi dan Teknologi Ilmiah)




Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License