https://eurogeojournal.eu/ https://jurnal.pendidikanbiologiukaw.ac.id/
https://e-kerja.bnpp.go.id/bkp/https://journal.dkpp.go.id/wow/https://ppid.dkpp.go.id/_fungsi/dana/https://jurnal.pendidikanbiologiukaw.ac.id/https://e-kerja.bnpp.go.id/Pengawas/demo/https://jos.unsoed.ac.id/stats/2024/https://journal.umkendari.ac.id/dm/https://jurnal.radenfatah.ac.id/demo/https://journal.ar-raniry.ac.id/lap/https://sipeg.ui.ac.id/dm/https://e-kerja.bnpp.go.id/Pengawas/dana/
slot gacor 2025slot gacor 2025slot gacor 2025slot gacor 2025slot gacor 2025slot gacor
Peningkatan Skill Pembuatan Soal Online Menggunakan Moodle Bagi Guru SMA | Challen | Jurnal ABDIMAS Budi Darma

Peningkatan Skill Pembuatan Soal Online Menggunakan Moodle Bagi Guru SMA

Auliffi Ermian Challen, Herika Hayurani, Harry Budiantoro

Abstract


Penggunaan e-learning akan memudahkan siswa maupun guru dalam proses pembelajaran. Namun dikarenakan minimnya pengetahuan guru mengenai e-learning sehingga pelaksanaan dalam membuat soal online masih kurang. Tujuan pelaksanaan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru membuat soal online menggunakan Moodle. Target untuk pengabdian ini adalah guru-guru di SMA Negeri 30 Jakarta. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, demonstrasi, latihan, pendampingan, dan tanya jawab. Materi pelatihan terdiri dari fitur pengelolaan kursus bagi course creator, fitur pengelolaan bank soal, serta fitur kuis dan nilai. Target keberhasilan kegiatan ini adalah peserta kegiatan mengalami peningkatan kemampuan dalam membuat soal online.


Keywords


e-learning, Moodle, pelatihan, soal online

Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Situs E-Learning Dengan Moodle Versi 3.1 Sebagai Media Pembelajaran Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.116

Dedi Restendi, Firman Nugraha, & Agus Trianto. (2020). Pengembangan Sistem Pelatihan Jarak Jauh Berbasis Moodle di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(2), 540–552. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.166

Kristanti, E., Kharisma, G. I., & Sari, N. P. (2021). PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL BERBASIS MOBILE LEARNING SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ERA PENDIDIKAN 4.0. JURNAL WIDYA LAKSANA, 10(1), 59. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28915

Martín-Blas, T., & Serrano-Fernández, A. (2009). The role of new technologies in the learning process: Moodle as a teaching tool in Physics. Computers & Education, 52(1), 35–44. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.06.005

MMT Marikar, F., & Jayarathne, N. (2016). Effectiveness of MOODLE in Education System in Sri Lankan University. International Journal of Modern Education and Computer Science, 8(2), 54–58. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2016.02.07

Ngibad, K., Herawati, D., Ekawati, E. R., & Pradana, M. S. (2020). Pelatihan E-learning berbasis Moodle untuk Dosen-Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.1.13.-18

Nindi Nikita Veren Rawung, Alwin Melkie Sambul, Sary Diane Ekawati Paturusi. (2021). Aplikasi Pembuatan Kuis Elearning Berbasis Moodle. Jurnal Teknik Informatika, 16(4), 429–436.

Purnanto, A. W., & Mahardika, A. (2017). PELATIHAN PEMBUATAN SOAL INTERAKTIF DENGAN PROGRAM WONDERSHARE QUIZ CREATOR BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA MAGELANG. Warta LPM, 19(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748

Ruslan Hadi, Yuliatri Sastrawijaya, & Vina Oktaviani. (2020). PENGARUH PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENYUSUN SOAL TEST DI SMAN 100 JAKARTA. PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 4(2), 1–6. https://doi.org/10.21009/pinter.4.2.1

Shariat, Z., Hashemi, S. M., & Mohammadi, A. (2014). Research and Compare Standards of E-Learning Management System: A Survey. International Journal of Information Technology and Computer Science, 6(2), 52–57. https://doi.org/10.5815/ijitcs.2014.02.07




DOI: https://doi.org/10.30865/pengabdian.v4i1.6599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Auliffi Ermian Challen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.