Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Running Dictation Game di SMP Swasta Sinar Husni Medan

 (*)Risa Anggraini Mail (Universitas Potensi Utama, Indonesia)
 Reni Rosianna Lumbangaol (Universitas Potensi Utama, Indonesia)
 Annisa Mahmud (Universitas Potensi Utama, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Mengetahui pentingnya kegunaan bahasa, siswa harus mampu menguasai bahasa Inggris supaya mereka bisa berperan dalam era globalisasi dimana hampir semua bidang industri menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini berbanding terbalik dengan kemampuan bahasa Inggris siswa itu sendiri, banyak siswa tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Salah satu faktornya yaitu siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar karena pengajaran yang dilakukan sangat monoton. Siswa merasa belajar bahasa Inggris itu sulit dan ditambah dengan cara mengajar guru yang tidak bisa menarik minat siswa. Salah satu solusi yang bisa dipilih yaitu dengan mengimplementasikan game (permainan). Running Dictation Game adalah salah satu tekhnik pembelajaran yang sangat dianjurkan untuk diaplikasikan oleh guru bahasa Inggris didalam kelas mereka. Ada 30 siswa kelas VIII.3 SMP Swasta Sinar Husni Medan yang terlibat sebagai peserta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini. Berdasarkan hasil setelah dilakukan pengajaran menggunakan Running Dictation Game, siswa termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris lebih giat lagi. Siswa merasa belajar Bahasa Inggris melalui Running Dictation Game ini sangat menyenangkan. Mereka merasa seperti sedang tidak belajar karena kegiatan pembelajaran berlangsung sangat seru.

Keywords


Pengajaran Bahasa Inggris, Keterampilan Bahasa Inggris, Running Dictation Game.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 288 times

References

Agustiani, M., & Yulia, H. (2018). RUNNING DICTATION TECHNIQUE AND LEARNING MOTIVATION: THEIR EFFECTS ON STUDENTS’LISTENING COMPREHENSION ACHIEVEMENT. The Journal Of English Literacy Education: The Teaching And Learning Of English As A Foreign Language, 5(2), 76–83.

Anggraini, R. (2019). THE USE OF CHART GAME IN TEACHING VOCABULARY TO THE FIFTH GRADERS OF ONE STATE PRIMARY SCHOOL IN BANYUASIN. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 4(2), 191–202.

Anggraini, R., & Lubis, I. M. (2022). Students’ Perceptions on Multicultural Classroom: A Case Study in One Private University in Medan. International Conference on Sustainable Innovation on Humanities, Education, and Social Sciences (ICOSI-HESS 2022), 391–402.

Annisa, R., & Al-Hafizh, M. (2013). Teaching writing a descriptive text to senior high school students by using the CSW game. Journal of English Language Teaching, 1(2), 78–86.

Destiana, M., Bahri, S., & Inayah, N. (2019). The use of running dictation technique to improve students’ listening skill. Research in English and Education Journal, 4(1), 32–38.

Duncan, M., W., & Westgate, C. (2010). Running dictation for pronunciotion practice. Current Issues in The Language Teacher, 34 (3).

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.

Indah, O. D. (2019). STUDENTS’PERCEPTION ON RUNNING DICTATION METHOD IN ESP CLASSROOM. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Jaya, H. P., Pitaloka, N. L., & Wijaya, A. (2020). Running Dictation to Develop Students’ Listening Comprehension Ability. Indonesian Research Journal in Education| IRJE|, 543–555.

Kellogg, R. T. (2008). Training writing skills: A cognitive developmental perspective. Journal of Writing Research, 1(1), 1–26.

Nurdianingsih, F., & Rahmawati, O. I. (2018). Running dictation as an effective technique on the teaching writing skill. English Language And Literature International Conference (Ellic) Proceedings, 2, 127–131.

Purnawati, P. (2017). Running Dictation To Activate Students In Speaking Class. English Education: Journal Of English Teaching And Research, 2(2), 88–94.

Reski, I. Y. Y., & Musfirah, M. (2019). The Use Of Running Dictation In Teaching Listening Skill At The Sixth Semester Of Cokroaminoto Palopo. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Setiani, R. (2021). CORRECTIVE FEEDBACK AND THE DEVELOPMENT IN WRITING A PARAGRAPH AT THE SECOND SEMESTER STUDENTS OF MUHAMMADIYAH KOTABUMI UNIVERSITY. Didascein: Journal of English Education, 2(2), 82–88.

Tang, Q. (2012). The effectiveness of dictation method in college English vocabulary teaching. Theory and Practice in Language Studies, 2(7), 1472.

Wangge, Y. S., & Timu, W. D. (2020). Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Running Dictation Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri Mautenda. Jurnal Kiprah, 8(1), 38–45.

Yan, G. (2005). A process genre model for teaching writing. English Teaching Forum, 43(3), 18–26.

Zulkifli, N. A. (2014). Meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa dengan menggunakan running dictation melalui materi agama di sd it al-fittiyah pekanbaru. Kutubkhanah, 17(2), 175–197.

Zulraudah, Z., & Jufri, J. (2014). Teaching writing by using running dictation activity for elementary school students. Journal of English Language Teaching, 3(1), 58–63.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risa Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.