Pelatihan Penggunaan Aizuchi dalam Percakapan Mahasiswa Bahasa Jepang Universitas Harapan Medan

 (*)Abdul Gapur Mail (Universitas Harapan Medan, Indonesia)
 Taulia Taulia (Universitas Harapan Medan, Indonesia)
 Laraiba Nasution (Universitas Harapan Medan, Indonesia)
 Alvy Mawaddah (Universitas Harapan Medan, Indonesia)
 Khairunnisa Nur Hasanah (Universitas Harapan Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diselenggarakan oleh tim pengabdian Program Studi Bahasa Jepang ini melalui kegiatan pelatihan penggunaan aizuchi dalam percakapan bahasa Jepang. Aizuchi adalah respon dalam menanggapi perkataan seseorang dalam percakapan yang lazim dalam percakapan bahasa Jepang. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam merespons pertanyaan sehingga tercipta percakapan bahasa Jepang yang natural. Peserta kegiatan ini adalah anggota himpunan mahasiswa bahasa Jepang Universitas Harapan Medan, yaitu HIKARI berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah model Q&A dengan kooperatif antara peserta dan penutur asli bahasa Jepang (native speaker). Hasilnya melalui kegiatan ini telah menambah keberanian dan kemampuan mahasiswa dalam memberi pertanyaan dan menjawab pertanyaan dalam bahasa Jepang. Mahasiswa mampu menggunakan aizuchi sebagai cara untuk merespons pertanyaan native speaker dan menjadikan aizuchi sebagai jeda berpikir untuk mencari kosakata dan kalimat dalam menjawab pertanyaan.

Keywords


Aizuchi; Bahasa Jepang; Pelatihan; Percakapan; Universitas Harapan Medan

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 118 times

References

Al-Hafsy, M. B. Y., & Khasanah, U. (2022). Fungsi Aizuchi dalam Chat Fiction “Tasuketekureta Te Wa Dare No Mono?” Karya Haruno Seri. Surabaya. Retrieved from http://repository.untag-sby.ac.id/15284/8/JURNAL.pdf

Dityandari, I. H., & Aryanto, B. (2020). Form and Function of Aizuchi Japenese Native Speaker in Inaka Ni Tomarou! TV Serial. IZUMI, 9(2), 186–199. https://doi.org/10.14710/izumi.9.2.186-199

Gapur, A., Pujiono, M., & Taulia, T. (2022). Aizuchi (相槌): Faktor Kealamiahan Berbahasa yang Terabai dalam Pengajaran. Konferensi Nasional “Literasi Budaya Dalam Membangun Identitas, Kualitas Dan Kemajuan Bangsa.” Medan: TALENTA Publisher. Retrieved from https://talentaconfseries.usu.ac.id/lwsa/article/view/1380

Khotimah, A. K. (2019). Analisis Penggunaan Aizuchi oleh Penutur Asing Bahasa Jepang dalam Video Youtube Mengenai Homestay di Jepang Episode 1-3. HIKARI Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sastra Dan Bahasa Jepang Universitas Negeri Surabaya, 3(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/hikari/article/view/27185

Pujiono, M., Agustono, B., & Br. Barus, M. (2020). Japanese Conversation Learning through “Active Learning” for Yafsi Volunteers in Medan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 222–230. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3629

Pujiono, M., Taulia, T., & Gapur, A. (2022). Aizuchi in Japanese Language Online Class in Medan: Lecturer-Student Interaction. Jurnal Lingua Idea, 13(2), 168–180. https://doi.org/10.20884/1.jli.2022.13.2.5823

Taulia, Siregar, M. Y., & Nasution, L. (2021). Pembuatan Makizushi sebagai Pengenalan Budaya Jepang kepada Mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Sumatera Utara. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 83. https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i1.763

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Pelatihan Penggunaan Aizuchi dalam Percakapan Mahasiswa Bahasa Jepang Universitas Harapan Medan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Gapur, Taulia Taulia, Laraiba Nasution, Alvy Mawaddah, Khairunnisa Nur Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.