Implementasi Model Smart Tahsin-Tahfidz Al-Qur’an (SMART TTQ) Berbasis Elearning Pada SMP Islam Terpadu
|
Abstract
Tujuan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah adalah (1) dapat menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti program Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an tersebut sehingga mencapai target hafalan yang menjadi ketetapan dari sekolah mitra sampai dengan meningkatkan kualitas dari Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an siswa dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap implementasi model SMART Tahsin-Tahfidz (SMART TTQ) berbasis E-Learning yang terintegrasi dengan teknologi informasi (2) membantu pihak sekolah dalam hal ini adalah koordinator dan guru tahfidz serta wali kelas dalam melakukan monitoring dan evaluasi progress hafalan siswa tanpa mengurangi kualitas layanan pembelajaran pada masa pandemi Covid 19. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara memberikan pelatihan, pendampingan serta demostrasi sistem yang dilakukan oleh TIM PKM terhadap mitra sekolah yaitu SMP IT Al-Munadi. Data dianalisis secara statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam mengikuti program Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an tersebut sehingga mencapai target hafalan yang menjadi ketetapan dari sekolah mitra sampai dengan meningkatkan kualitas dari Tahsin dan Tahfidz AlQur’an siswa sehingga mencapai 94,7% (sangat baik)
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 235 timesPDF - 151 times
References
Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2). https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493
Chen, X., Zou, D., Xie, H., & Wang, F. L. (2021). Past, present, and future of smart learning: a topic-based bibliometric analysis. International Journal of Educational Technology in Higher Education, Vol. 18. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00239-6
Ferial, R. M. (2020). PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19 PADA AREA KERJA PT. SEMEN PADANG. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(2). https://doi.org/10.24036/jess.v4i2.287
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, & Juliana. (2020). Media Pembelajaran - Google Books. Yayasan Kita Menulis.
Kartika, T. (2019). Tahfidz Al-Qur’an Learning Management Based on Talaqqi Method. Isema Journal: Islamic Educational Management, 4(2), 245–256.
Khaldi Maha, Erradi Omar, Erradi Mohamed, & Khaldi Mohamed. (2021). Design of educational scenarios of activities in a learning situation for online teaching. GSC Advanced Engineering and Technology, 1(1). https://doi.org/10.30574/gscaet.2021.1.1.0028
Mahyarudin, M., Wicaksono, A., & Novianry, V. (2020). Edukasi Pengendalian dan Pencegahan Infeksi COVID-19 dan Pembagian Masker. Kapuas.
Mikulecky, P. (2019). Blended Learning in Smart Learning Environments. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 11805 LNAI. https://doi.org/10.1007/978-3-030-30244-3_6
Ng, Y. M., & Or, P. L. P. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) prevention: Virtual classroom education for hand hygiene. Nurse Education in Practice, Vol. 45. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102782
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia Salatiga: Perspektif. Universitas Kristen Satya Wacana. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1).
Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1).
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2). https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590
Sahasrabudhe, V., & Kanungo, S. (2014). Appropriate media choice for e-learning effectiveness: Role of learning domain and learning style. Computers and Education, 76. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.04.006
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries.
Waryanto, N. H. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Waryanto Hadi Nur, 2(1).
Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2). https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493
Chen, X., Zou, D., Xie, H., & Wang, F. L. (2021). Past, present, and future of smart learning: a topic-based bibliometric analysis. International Journal of Educational Technology in Higher Education, Vol. 18. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00239-6
Ferial, R. M. (2020). PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19 PADA AREA KERJA PT. SEMEN PADANG. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(2). https://doi.org/10.24036/jess.v4i2.287
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, & Juliana. (2020). Media Pembelajaran - Google Books. Yayasan Kita Menulis.
Kartika, T. (2019). Tahfidz Al-Qur’an Learning Management Based on Talaqqi Method. Isema Journal: Islamic Educational Management, 4(2), 245–256.
Khaldi Maha, Erradi Omar, Erradi Mohamed, & Khaldi Mohamed. (2021). Design of educational scenarios of activities in a learning situation for online teaching. GSC Advanced Engineering and Technology, 1(1). https://doi.org/10.30574/gscaet.2021.1.1.0028
Mahyarudin, M., Wicaksono, A., & Novianry, V. (2020). Edukasi Pengendalian dan Pencegahan Infeksi COVID-19 dan Pembagian Masker. Kapuas.
Mikulecky, P. (2019). Blended Learning in Smart Learning Environments. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 11805 LNAI. https://doi.org/10.1007/978-3-030-30244-3_6
Ng, Y. M., & Or, P. L. P. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) prevention: Virtual classroom education for hand hygiene. Nurse Education in Practice, Vol. 45. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102782
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia Salatiga: Perspektif. Universitas Kristen Satya Wacana. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1).
Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1).
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2). https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590
Sahasrabudhe, V., & Kanungo, S. (2014). Appropriate media choice for e-learning effectiveness: Role of learning domain and learning style. Computers and Education, 76. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.04.006
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries.
Waryanto, N. H. (2006). Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Waryanto Hadi Nur, 2(1).
Bila bermanfaat silahkan share artikel ini
Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Model Smart Tahsin-Tahfidz Al-Qur’an (SMART TTQ) Berbasis Elearning Pada SMP Islam Terpadu
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lili Tanti, Safrizal, Alim Murtani, Fauzan Arif, Andra Alfitra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.