Strategi Pemasaran Online Usaha Jamu Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Tanjung Siporkis Kec. Galang Kab. Deli Serdang

 (*)Dian Lestari Mail (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)
 Burhanuddin Al-Butary (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)
 Sari Wulandari (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Bisnis rumahan didefinisikan sebagai usaha ekonomi produktif mandiri yang dijalankan oleh individu dan kelompok. Kegiatan ini dibuat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk pembangunan desa di Desa Tanjung Sipokis, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini difokuskan pada kelompok ibu-ibu yang memproduksi atau membuat jamu tradisional yang ada di desa tanjung siporkis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengabdian ini terutama ditujukan kepada masyarakat desa. Kegiatan ini dirancang untuk membekali ibu-ibu di desa tanjung siporkis dengan pengetahuan dan keterampilan tentang pentingnya efisiensi dan efektivitas dalam produksi dan pemasaran online yang baik. Melalui kegiatan ini diharapkan para ibu lebih siap menjalankan bisnis yang sudah ada dan memasarkannya secara online. Kegiatan pendampingan ini dimulai dengan memberikan teori berupa materi produksi dan pemasaran. Materi disampaikan melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab. Peserta akan belajar bagaimana mengelola bisnis. Beberapa pengusaha jamu dan warga desa setempat ikut serta dalam pelatihan. Hasil kegiatan ini mampu memberikan keterampilan dan pemahaman terkait pengelolaan usaha produksi dan pemasaran secara online, sehingga memungkinkan para peserta untuk mengembangkan usaha sendiri atau memulai usaha baru khususnya dalam produksi jamu dan pemasaran yang baik serta up to date.

Keywords


Pemasaran Online, Produksi, Pandemi Covid 19.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 839 times
PDF - 606 times

References

S. Mindarti and B. Nurbaeti, "Buku Saku Tanaman Obat Keluarga (Toga)," Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat, vol. 2, no. 2, p. 2, 2015.

Sartini, "PEMBERDAYAAN IBU-IBU KADER PKK DALAM UPAYA PENGOLAHAN TANAMAN OBAT MENJADI SEDIAAN JAMU SEDERHANA," dinamika jurnal, vol. 2, no. 2, p. 2, 2020.

sofiati and I. S. K. Anggraeni, "Strategi Memikat Dan Mempertahankan Pelanggan Melalui Digital Marketing Dan Aplikasi Keuangan Fintech Warung Jamu Tradisional Pada Era Pandemi Covid-19," padma sri kreshna, vol. 3, no. 1, p. 1, 2021.

M. S. G. W. A. A. S. Marliza Noor Hayatie, "SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS ONLINE PADA PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH," bubungan tinggi: jurnal pengabdian masyarakat, vol. 3, no. 1, p. 1, 2021.

F. N. ARIFAH, "ANALISIS SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI MARKETING DALAM BISNIS ONLINE," jurnal transformasi, vol. 11, no. 2, p. 2, 2015.

u. maulida, "AKSELARASI BISNIS ONLINE BERBASIS INSTAGRAM," madani syari'ah, vol. 4, no. 1, p. 1, 2021.

A. L. S. Q. M. S. Khoirun Nisa, "STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE," jurnal abdikarya: jurnal karya pengabdian dosen dan mahasiswa, vol. 1, no. 1, p. 1, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dian Lestari, Burhanuddin Al-Butary, Sari Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIKĀ  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.