Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Dalam Manajemen Pembelajaran Daring Pada SMKS Prayetna Medan
|
Abstract
Proses belajar dan mengajar secara langsung di dalam ruangan kelas, beralih menjadi distance learning atau belajar jarak jauh sebagai aksi antisipatif meluasanya penyebaran COVID-19 antara siswa dan guru. Penyesuaian proses belajar mengajar di era pandemi juga menjadi perhatian penting bagi para guru sebgai ujung tombak pelaksana pendidikan di sekolah. Hal ini menjadi perhatian penting bagi semua pihak untuk bertanggung jawab menghidupkan semangat belajar yang efektif bagi siswa, baik guru, orangtua, dosen, mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat harus mengambil peranan dalam menyumbangkan ide, kretifitas, ilmu untuk bersama meningkatkan efektifitas belajar mengajar di masa pandemi ini.Presentasi dipilih untuk menyampaikan konsep-konsep yang penting oleh para peserta latihan. Metode ini didukung dengan presentasi oleh para dosen dengan menapilkan display teori dan materi yang sesuai dengan kegiatan pelatihan. Demonstrasi dipilih untuk menunjukkan proses kerja pemanfaatan teknologi aplikasi google classroom dan video mp4 dalam proses pengajaran speaking dan pengiriman tugas yang nantinya para guru akan meneruskan sosialisasi pemanfaatan teknologi dan aplikasi ini kepada para siswa. Keragaman guru bidang studi yang hadir sangat membuat suasana pelatihan hidup, karena peserta pelatihan yang berpartsipasi tidak hanya guru bidng studi bahasa Inggris saja, akan tetapi guru bidang studi lain yang memiliki tugas praktikum terlihat cukup antusias untuk mengikuti pelatihan ini. Pelatihan berlangsung dengan porsi praktik yang cukup besar, sehingga guru-guru bidang studi mempelajari beberapa fitur pengiriman tugas lainnya lewat google classroom dengan mempelajari cara pengiriman tugas lewat dokumen video, link, maupun dokumen yang tersimpan di google drive.Mengingat banyaknya fitur, platform, aplikasi, multimedia yang tersedia saat ini untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, maka perlu adanya penambahan waktu pelatihan agar para peserta mampu memanfaatkan berbagai macam teknologi aplikasi dan multimedia sesuai dengan tingkat kebutuhan dan bidang studi yang diajarkan oleh para peserta yang terdiri dari guru-guru SMK.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 164 timesPDF - 142 times
References
Rusmanto. 2020. Pengantar Open Source dan Aplikasi. Jakarta Selatan: Nurul Fikri Press
Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Inreaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif
Robbins, Jennifer Niederst. 2018. Learning Web Design-Fifth Edition. Sebastopol: O’Reilly Media, Inc.
Richer, Olaf Zawacki and Adnan Qayyum. 2018. Open and Dictance Education in Australia, Europe and the Americas: National Perspectives in a Digital Age. Germany: Springer Open
McGaw, Barry. 2005. E-Leraning in Tertiary Education: Where Do We Stand?. France: OECD Publishing
Hajhshemi, Karim, Nerina J. Caltabiano, Neil Anderson, Cliff Jackson. 2014. Online Leraning: Increasing Leraning Opportunities. Germany: Grin Publishing
Elmunsyah, Hakkun, dkk. 2020. Teknik Multimedia. Malang
Raifsnider, Barbara. Fluent English. Living Language
Bennie, Michael. 2009. A Guide to Good Business Communication. United Kingdom: How To Books
Tracy, Brian. 2008. Speak to Win: How to Present with Power in Any Situation. New York: Amacom
Bila bermanfaat silahkan share artikel ini
Berikan Komentar Anda terhadap artikel Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Dalam Manajemen Pembelajaran Daring Pada SMKS Prayetna Medan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Guidio Leonarde Ginting, Rivalry Kristianto Hondro, Fince Tinus Waruwu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.