Melatih Kreatifitas Dengan Membuat Mandala Art Pada Siswa SMA PAB 8 Saentis

 (*)Titin Setiawati Mail (Universitas Potensi Utama, Indonesia)
 Muhammad Sabri (Universitas Potensi Utama, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Pendidikan seni memiliki peranan krusial dalam membantu pendewasaan peserta didik, Suatu kecerdasan yang matang barangkali hanya bisa ditunjukkan dengan cara mengimbangkan (equilibrium) antara kemampuan mengoptimalkan fungsi otak belahan kanan dan kiri. Hal ini berarti bahwa kecerdasan intelektual yang bersumber pada pengoptimalan fungsi otak belahan kiri harus sebanding dengan pengembangan fungsi otak belahan kanan sebagai sumber potensi emosi dan seni. Dalam tulisan ini ’mandala’ dimengerti sebagai ’diagram magis’, artinya sebuah peta pembagian ruang, wilayah, kawasan kehidupan guna menentukan bagian-bagian mana yang memiliki kekuatan mistis-magis yang lebih daripada yang lainnya. Mandala , (Sanskrit: "lingkaran") dalam Tantrisme Hindu dan Buddha, gambarajah simbolik yang digunakan dalam pelaksanaan upacara suci dan sebagai alat meditasi. Mandala pada dasarnya adalah representasi alam semesta, daerah yang dikuduskan yang berfungsi sebagai tempat untuk para dewa dan sebagai titik pengumpulan kekuatan sejagat. Manusia (mikrokosmos), dengan "memasuki" mandala secara mental dan "melangkah" menuju pusatnya, dengan analogi dipandu melalui proses-proses kosmik disintegrasi dan reintegrasi.

Keywords


hindu dan buddha, Kreatifitas, Mandala, Seni, Siswa

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 290 times
PDF - 442 times

References

Awita Ekasari Larasati, 2018. Apa itu Desain Mandala?. International design school.

Chambala, A. (2008). Anxiety and art therapy: Treatment in the public eye. Journal of the American Art Therapy Association, 25(4), 187-189.

Ghufron & Risnawita. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.

Hot.liputan6. 2021. Kreativitas adalah Kemampuan Menciptakan Ide Baru yang Dimiliki Seseorang - Hot Liputan6.com.

Jung, C.G. (1972). Mandala symbolism (R.F.C. Hull, Trans). In the collected works of C.G. Jung (vol.9). Princeton, NJ: Princeton University Press.

Meliana, D., Tanudjaja, B. B., & Kurniawan, D. (2021). Perancangan Komik Digital Tentang Insecurity Pada Kehidupan Sosial Kepribadian Introvert Bagi Remaja Usia 15-21 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 2(17), 9.

Munandar, Utami. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Slegelis, M. H. (1987). A study of jung’s mandala and its relationship to art psychotherapy. Pergamon Journals, 14, 301-311.

Sternberg, R.J. 1999. Handbook of Creativity. New York: Cambridge University Press.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Melatih Kreatifitas Dengan Membuat Mandala Art Pada Siswa SMA PAB 8 Saentis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad sabri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.