Pemanfaatan Layanan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Daring

 Nelly Astuti Hasibuan (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 (*)Alwi Fau Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Kurnia Ulfa (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Virus corona ini bisa menyebabkan ganguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Sehingga WHO pada tanggal 11 Maret 2020 menetapkan wabah ini sebagai pandemi global. Hal tersebut membuat beberapa negara menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.Karena Indonesia sedang melakukan PSBB, maka semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah harus dihentikan sampai pandemi ini mereda. Beberapa pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 86 times

References

F. Donders et al., “ISIDOG recommendations concerning COVID-19 and pregnancy,” Diagnostics, vol. 10, no. 4, pp. 1–23, 2020, doi: 10.3390/diagnostics10040243.

I. N. M. Shaharanee, J. M. Jamil, and A. S. S. M. Rodzi, “The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning,” J. Telecommun. Electron. Comput. Eng., vol. 8, no. 10, pp. 5–8, 2016.

R. Wong, “When no one can go to school: does online learning meet students’ basic learning needs?,” Interact. Learn. Environ., vol. 3, pp. 1–17, 2020, doi: 10.1080/10494820.2020.1789672.

S. Syafrida and R. Hartati, “Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 6, pp. 495–508, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i6.15325.

L. D. Herliandry, N. Nurhasanah, M. E. Suban, and H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020, doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.

Z. D. Mulla, V. Osland-Paton, V. Osland-Paton, M. A. Rodriguez, E. Vazquez, and S. Kupesic Plavsic, “Novel coronavirus, novel faculty development programs: Rapid transition to eLearning during the pandemic,” J. Perinat. Med., vol. 48, no. 5, pp. 446–449, 2020, doi: 10.1515/jpm-2020-0197.

J. O. Donoghue and H. Worton, “A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education Gurmak Singh,” Learning, vol. 133, no. 3, pp. 547–553, 2002, [Online]. Available: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/entrez/query.fcgi?cmd=Retrieve&db=PubMed&dopt=Citation&list_uids=12443913.

E. R. Kamalasari, “Dinamika Pembelajaran,” LPMP Kalimantan Teng., no. 0536.

E. Namaziandost and F. Çakmak, “An account of EFL learners’ self-efficacy and gender in the Flipped Classroom Model,” Educ. Inf. Technol., no. March, 2020, doi: 10.1007/s10639-020-10167-7.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Pemanfaatan Layanan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Daring

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma



Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.