Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Pembelajaran Pada Anak Menggunakan Powerpoint Di Smk Panca Budi
DOI:
https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3205Abstract
Media interaktif biasanya mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video, audio, dan video game. Pelatihan ini mengajarkan kepada siswa SMK untuk belajar membuat media interaktif untuk media pembelajaran anak, pembuatan media interaktif biasanya menggunakan software aplikasi yang lumayan berat dan sulit, namun dalam pelatihan ini siswa di ajarkan membuat media interaktif dengan aplikasi yang mudah di pahami dan pasti di setiap komputer/Pc terdapat aplikasi tersebut, adapun aplikasinya adalah Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer. Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint. Bukan hanya membuat sebuah file presentasi saja dapat di buat di aplikasi tersebut, namun dengan kreatifitas penggunanya, pada Microsoft PowerPoint dapat membuat media interaktif pembelajaran dengan memanfaatkan fitur animasi dan action pada aplikasi tersebut, pelatihan ini mengajarkan kepada siswa SMK untuk berkreasi lebih kreatif lagi dalam membuat media interaktif sendiri dengan hanya menggunakan Microsoft PowerPoint.
Kata Kunci: Anak, Interaktif, Media, Microsoft PowerPoint, Pembelajaran.
References
Arsyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta
Cheng, G. 2009. Using game making pedagogy to facilitate student learning of interactive multimedia. Australia : Australasian Journal of Educational Technology.
Heinich, Robert, et. Al. 1996 Instructional Media and Technologies for Learning (5th ed). New Jersey : A Simon & Schuster Company Engelewood Cliffs.
Meliana, D., Tanudjaja, B. B., & Kurniawan, D. (2021). Perancangan Komik Digital Tentang Insecurity Pada Kehidupan Sosial Kepribadian Introvert Bagi Remaja Usia 15-21 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 2(17), 9.
Sanyoto, S. E. (2009). Nirmana Elemen-elemen Seni dan Desain (Kedua). Jalasutra.
Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual (F. S. Suyantoro (ed.); I). ANDI.
Von Neumann, John, Oskar Morgenstern.(1953) Theory Of Games And Economic Behavior.Princeton: Princeton University Press Rustan, Surianto. (2009).
Warsita, B. 2002. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).