Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Pembelajaran Pada Anak Menggunakan Powerpoint Di Smk Panca Budi

Muhammad Sabri, Titin Setiawati

Abstract


Media interaktif biasanya mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video, audio, dan video game. Pelatihan ini mengajarkan kepada siswa SMK untuk belajar membuat media interaktif untuk media pembelajaran anak, pembuatan media interaktif biasanya menggunakan software aplikasi yang lumayan berat dan sulit, namun dalam pelatihan ini siswa di ajarkan membuat media interaktif dengan aplikasi yang mudah di pahami dan pasti di setiap komputer/Pc terdapat aplikasi tersebut, adapun aplikasinya adalah Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer. Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint. Bukan hanya membuat sebuah file presentasi saja dapat di buat di aplikasi tersebut, namun dengan kreatifitas penggunanya, pada Microsoft PowerPoint dapat membuat media interaktif pembelajaran dengan memanfaatkan fitur animasi dan action pada aplikasi tersebut, pelatihan ini mengajarkan kepada siswa SMK untuk berkreasi lebih kreatif lagi dalam membuat media interaktif sendiri dengan hanya menggunakan Microsoft PowerPoint.

Kata Kunci: Anak, Interaktif, Media, Microsoft PowerPoint, Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arsyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Cheng, G. 2009. Using game making pedagogy to facilitate student learning of interactive multimedia. Australia : Australasian Journal of Educational Technology.

Heinich, Robert, et. Al. 1996 Instructional Media and Technologies for Learning (5th ed). New Jersey : A Simon & Schuster Company Engelewood Cliffs.

Meliana, D., Tanudjaja, B. B., & Kurniawan, D. (2021). Perancangan Komik Digital Tentang Insecurity Pada Kehidupan Sosial Kepribadian Introvert Bagi Remaja Usia 15-21 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 2(17), 9.

Sanyoto, S. E. (2009). Nirmana Elemen-elemen Seni dan Desain (Kedua). Jalasutra.

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual (F. S. Suyantoro (ed.); I). ANDI.

Von Neumann, John, Oskar Morgenstern.(1953) Theory Of Games And Economic Behavior.Princeton: Princeton University Press Rustan, Surianto. (2009).

Warsita, B. 2002. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma