Pembuatan Video Promosi Umkm Rendy Handycraft
DOI:
https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3204Abstract
Media social merupakan suatu sarana digital marketing yang paling mudah untuk dimanfaatkan. Sebelum sebuah usaha memiliki situs, tidak jarang kita menemukan terutama di pasar seperti Indonesia bahwa mereka    telah    memulai    memasu- ki ranah dunia maya melalui media sosial. Hal ini dapat menjadi stimulan perkembangan   kewirausahawanan dan keberlangsungan UMKM. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih (engage) calon konsumen. Oleh karena itu tidak heran bahwa  pelaku usaha justru lebih menitikberatkan peman- faatan media sosial dibanding dengan pengembangan sebuah situs. Para  pelaku  UMKM  tersebut terhadang kendala masih minimnya pengetahuan terhadap digital marketing dan electronic commerce (e-commerce). Potensi pemanfaatan digital marketing ini mengharuskan masyarakat untuk melek teknologi, oleh karena itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Kegiatan pengabdian masyarakat mengenai pemanfaatan digital marketing ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman serta dapat menginspirasi pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi internet dan jejaring sosial sebagai alat untuk menjalankan bisnisnya.
References
Bignell., J. 1997. Media Semiotic: An Introduction. England: Manchester University Press.
Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.
Danesi, M. 2002. Understanding Media Semiotics. London: Arnold.
K. Lancaster. 2013. DSLR Cinema: Crafting the Film Look with Large Sensor Video. Focal Press.
Kress, Gunther & Theo van Leeuwen. 2006. Reading Images: The Grammar of Visual Design, Second Edition. New York: Routledge.
M. W. Weynand. 2007. How Video Works. USA: Focal Press.
Rose, G., 2007. Visual Methodologies: An Introduction to Interpretation of Visual Materials, Second Edition. London, England: Sage Publication.
Sya'dian, T. (2019). Analisis Semiotika pada Film Laskar Pelangi. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51-63.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).