Pembuatan Video Promosi Umkm Rendy Handycraft

 (*)Triadi Sya Dian Mail (Universitas Potensi Utama, Medan, Indonesia)
 Rinanda Purba (Universitas Potensi Utama, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Media social merupakan suatu sarana digital marketing yang paling mudah untuk dimanfaatkan. Sebelum sebuah usaha memiliki situs, tidak jarang kita menemukan terutama di pasar seperti Indonesia bahwa mereka     telah     memulai     memasu- ki ranah  dunia  maya  melalui  media sosial. Hal ini dapat menjadi stimulan perkembangan    kewirausahawanan dan keberlangsungan UMKM. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih (engage) calon konsumen. Oleh karena itu tidak  heran bahwa   pelaku  usaha justru lebih menitikberatkan peman- faatan media sosial dibanding dengan pengembangan sebuah situs. Para   pelaku   UMKM   tersebut terhadang  kendala  masih  minimnya pengetahuan terhadap digital marketing dan electronic commerce (e-commerce). Potensi pemanfaatan digital marketing ini mengharuskan masyarakat untuk melek teknologi, oleh karena itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Kegiatan pengabdian masyarakat mengenai pemanfaatan digital marketing ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman serta dapat menginspirasi pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi internet dan jejaring sosial sebagai alat untuk menjalankan bisnisnya.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 1313 times
PDF - 1100 times

References

Bignell., J. 1997. Media Semiotic: An Introduction. England: Manchester University Press.

Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Danesi, M. 2002. Understanding Media Semiotics. London: Arnold.

K. Lancaster. 2013. DSLR Cinema: Crafting the Film Look with Large Sensor Video. Focal Press.

Kress, Gunther & Theo van Leeuwen. 2006. Reading Images: The Grammar of Visual Design, Second Edition. New York: Routledge.

M. W. Weynand. 2007. How Video Works. USA: Focal Press.

Rose, G., 2007. Visual Methodologies: An Introduction to Interpretation of Visual Materials, Second Edition. London, England: Sage Publication.

Sya'dian, T. (2019). Analisis Semiotika pada Film Laskar Pelangi. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51-63.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Pembuatan Video Promosi Umkm Rendy Handycraft

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma



Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.