Pembelajaran Visiualisasi Matematika Menggunakan Software Geogebra Bagi Siswa/I SMP Citra Harapan Percut
DOI:
https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3187Abstract
Keikutsertaan dunia pendidikan mengikuti perkembangan zaman tidak disertai dengan fasilitas yang terdapat pada kondisi lingkungan maupun sumberdaya manusia yang ada. Pada proses pengajaran khususnya di tingkat pertama khusunya di SMP Citra Harapan Percut penggunaaan media software sangat mendukung sekali yaitu Geogebra Classsic pada pembelajaran matematika secara visualisasi matematika. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan penterjemahan rumusan matematika, teori perhitungan, grafik tampilan pada media visual materi ajar program linear, persamaan kuadrat dan integral pada perhitungan volume benda putar. Evaluasi kegiatan 90% dari pelaksanaan tingkat keberhasilan guru pendamping dan siswa/I SMP dapat merumuskan, menganalisa hasil tampilan grafik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
References
Daryanto, MEDIA PEMBELAJARAN Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan belajar. Yogyakarta: Gava Media, 2010.
E. Surya, “Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa,†J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 1, pp. 41–50, 2012.
H. Alam Hermansyah, Ikhsan Parinduri and M. M. Hutagalung Johnson Efendi Hutagalung, Pembelajaran pada penerapan mikrokontroler AT8535, Arduino UNO R-3 Bascom AVR, Arduino UNO 1.16 dan Fritzing Electronic Design. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
I. Parinduri, “Pembelajaran Aplikasi Iot Di Android Dengan Software Blynk ( Kontrol Led , Relay , dan Suhu ),†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., vol. 2, pp. 431–435, 2019, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sensasi/article/view/340.
F. B. Harahap Ricky Ramadhan , Parinduri Ikhsan , Hutagalung Siti Nurhabibah, Saleh Khairul, Pembelajaran Sistem Informasi Geografis. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
H. S. Nurhabibah and I. Parinduri, “Prosiding Seminar Nasional Sains Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan Modellus X 04 . 05,†vol. 2, no. 1, pp. 466–471, 2021.
D. R. Asngari, “Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri,†Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. UNY, pp. 299–302, 2015.
D. P. Nasution and M. Ahmad, “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,†Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 3, pp. 389–400, 2018, doi: 10.31980/mosharafa.v7i3.133.
Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, 1st ed. Depok, Sleman Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, 2012.
Y. S. Prihastuti, Improving the Reading Comprehension of the Eighth Grade Students of Smp N 1 Wonosari By Using the Visualization Strategy in the Academic Year of 2012/2013. 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).