Pembelajaran Visiualisasi Matematika Menggunakan Software Geogebra Bagi Siswa/I SMP Citra Harapan Percut

 (*)Ikhsan Parinduri Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Siti Nurhabibah Hutagalung (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Melda Panjaitan (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Keikutsertaan dunia pendidikan mengikuti perkembangan zaman tidak disertai dengan fasilitas yang terdapat pada kondisi lingkungan maupun sumberdaya manusia yang ada. Pada proses pengajaran khususnya di tingkat pertama khusunya di SMP Citra Harapan Percut penggunaaan media software sangat mendukung sekali yaitu Geogebra Classsic pada pembelajaran matematika secara visualisasi matematika. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan penterjemahan rumusan matematika, teori perhitungan, grafik tampilan pada media visual materi ajar program linear, persamaan kuadrat dan integral pada perhitungan volume benda putar. Evaluasi kegiatan 90% dari pelaksanaan tingkat keberhasilan guru pendamping dan siswa/I SMP dapat merumuskan, menganalisa hasil tampilan grafik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF - 99 times

References

Daryanto, MEDIA PEMBELAJARAN Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan belajar. Yogyakarta: Gava Media, 2010.

E. Surya, “Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa,” J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 1, pp. 41–50, 2012.

H. Alam Hermansyah, Ikhsan Parinduri and M. M. Hutagalung Johnson Efendi Hutagalung, Pembelajaran pada penerapan mikrokontroler AT8535, Arduino UNO R-3 Bascom AVR, Arduino UNO 1.16 dan Fritzing Electronic Design. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

I. Parinduri, “Pembelajaran Aplikasi Iot Di Android Dengan Software Blynk ( Kontrol Led , Relay , dan Suhu ),” Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., vol. 2, pp. 431–435, 2019, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sensasi/article/view/340.

F. B. Harahap Ricky Ramadhan , Parinduri Ikhsan , Hutagalung Siti Nurhabibah, Saleh Khairul, Pembelajaran Sistem Informasi Geografis. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

H. S. Nurhabibah and I. Parinduri, “Prosiding Seminar Nasional Sains Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan Modellus X 04 . 05,” vol. 2, no. 1, pp. 466–471, 2021.

D. R. Asngari, “Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri,” Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. UNY, pp. 299–302, 2015.

D. P. Nasution and M. Ahmad, “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 3, pp. 389–400, 2018, doi: 10.31980/mosharafa.v7i3.133.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, 1st ed. Depok, Sleman Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, 2012.

Y. S. Prihastuti, Improving the Reading Comprehension of the Eighth Grade Students of Smp N 1 Wonosari By Using the Visualization Strategy in the Academic Year of 2012/2013. 2013.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Pembelajaran Visiualisasi Matematika Menggunakan Software Geogebra Bagi Siswa/I SMP Citra Harapan Percut

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma



Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.