Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia Di SMA Negeri I STM Hilir

 Natalia Silalahi (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 (*)Imam Saputra Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Putri Ramadhani (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan menjadi unsur konkret yang sangat penting dalam usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk meningkatkan kualitas tersebut maka yang perlu di perhatikan adalah masalah prestasi belajar dari siswa. Banyak faktor yang menyebabkan siswa ataupun peserta didik gagal dalam hal akademis, salah satu faktor adalah sistem pendidikan yang kurang maju dan kurang modern. Pada SMA Negeri I STM Hilir memiliki laboratorium komputer yang telah dilengkapi dengan koneksi internet. Dalam laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan screen projector dan proyektor sehingga dapat dimanfaatkan untuk menampilkan materi-materi pelajaran menggunakan slide presentasi untuk lebih mudah memberikan simulasi materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Namun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan guru dalam mempersiapkan materi pada slide presentasi membuat slide presentasi yang di tampilkan kurang menarik dan membuat siswa kurang berminat untuk memperhatikan materi yang diajarkan. Dengan melihat permasalahan yang dihadapi oleh para guru di SMA N 1 STM Hilir maka perlu dilakukan pelatihan kepada para guru untuk memanfaatkan perangkat pembelajaran berbasis multimedia dengan semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan minat belajar dari para siswa. Sehingga berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 113 times

References

C. G. Priambodo, A. A. R. Awaludin dan N. Alamsyah, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Dengan Multimedia Interaktif Untuk Mengajarkan Konsep Matematika,” Aksioma, vol. VIII, no. 2, pp. 59-67, 2017.

A. Maesaroh, I. L. Sinon dan I. Yusuf, “Pengembangan Perangkat Lunak Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Gelombang di SMA Negeri 1 Manokwari,” Pancaran, vol. V, no. 2, pp. 77-90, 2016.

O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara: Jakarta, 2004.

S. Nadi dan H. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Flash Interaktif Pada Materi Listrik Magnet Kelas XII di SMA N 1 Krian,” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, vol. III, no. 3, pp. 16-19, 2014.

G. P. A. Oka, Media dan Multimedia Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish, 2017.

M. Suyanto, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Penerbit Andi: Yogyakarta, 2005.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia Di SMA Negeri I STM Hilir

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma



Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.