Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia Di SMA Negeri I STM Hilir
DOI:
https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3175Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan menjadi unsur konkret yang sangat penting dalam usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk meningkatkan kualitas tersebut maka yang perlu di perhatikan adalah masalah prestasi belajar dari siswa. Banyak faktor yang menyebabkan siswa ataupun peserta didik gagal dalam hal akademis, salah satu faktor adalah sistem pendidikan yang kurang maju dan kurang modern. Pada SMA Negeri I STM Hilir memiliki laboratorium komputer yang telah dilengkapi dengan koneksi internet. Dalam laboratorium tersebut juga dilengkapi dengan screen projector dan proyektor sehingga dapat dimanfaatkan untuk menampilkan materi-materi pelajaran menggunakan slide presentasi untuk lebih mudah memberikan simulasi materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Namun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan guru dalam mempersiapkan materi pada slide presentasi membuat slide presentasi yang di tampilkan kurang menarik dan membuat siswa kurang berminat untuk memperhatikan materi yang diajarkan. Dengan melihat permasalahan yang dihadapi oleh para guru di SMA N 1 STM Hilir maka perlu dilakukan pelatihan kepada para guru untuk memanfaatkan perangkat pembelajaran berbasis multimedia dengan semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan minat belajar dari para siswa. Sehingga berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan.
References
C. G. Priambodo, A. A. R. Awaludin dan N. Alamsyah, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Dengan Multimedia Interaktif Untuk Mengajarkan Konsep Matematika,†Aksioma, vol. VIII, no. 2, pp. 59-67, 2017.
A. Maesaroh, I. L. Sinon dan I. Yusuf, “Pengembangan Perangkat Lunak Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Gelombang di SMA Negeri 1 Manokwari,†Pancaran, vol. V, no. 2, pp. 77-90, 2016.
O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara: Jakarta, 2004.
S. Nadi dan H. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Flash Interaktif Pada Materi Listrik Magnet Kelas XII di SMA N 1 Krian,†Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, vol. III, no. 3, pp. 16-19, 2014.
G. P. A. Oka, Media dan Multimedia Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish, 2017.
M. Suyanto, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Penerbit Andi: Yogyakarta, 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).