Implementasi Strategi Marketing Mix Pada Rintisan Usaha Kreatif “Lichaposa”

 Rukma Nur Kumalasari (Universitas PGRI Madiun, Indonesia)
 Pamelia Nuryatman (Universitas PGRI Madiun, Indonesia)
 Mila Eviana (Universitas PGRI Madiun, Indonesia)
 Siska Andriani (Universitas PGRI Madiun, Indonesia)
 (*)Wachidatul Linda Yuhanna Mail (Universitas PGRI Madiun, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Lichaposa merupakan salah satu rintisan industri kreatif di Kota Madiun, Jawa Timur.  Usaha kreatif Lichaposa bergerak dalam bidang urban garden, pot dan tanaman hias. Sebagai salah satu rintisan bisnis, Lichaposa membutuhkan sentuhan manajemen usaha yang moderen. Salah satu faktor yang mendukung peningkatan usaha adalah pemasaran. Salah satu cara untuk menghindari kegagalan suatu usaha baru adalah dengan memahami konsep marketing mix. Aspek yang digunakan yaitu marketing mix dengan 7P meliputi  product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Produk pot yang dibuat oleh rintisan industri kreatif Lichaposa menggunakan bahan baku limbah kayu. Harga jual potty sawdust yaitu Rp. 20.000-100.000 tergantung model karakter, jenis tanaman, dan bisa terjual terpisah sesuai keinginan konsumen. Tempat yang digunakan pembuatan produk Lichaposa adalah di perumahan Kota Madiun. Tempat penjualan potty sawdust adalah  online dan offline. Promosi dilakukan dengan menggunakan media sosial dan e-commerce. SDM yang terlibata dalah generasi milenial yang kreatif dan inovatif. Rintisan industri kreatif Lichaposa menggunakan peralatan yang berkualitas supaya menghasilkan potty sawdust yang berkualitas pula. Proses juga dijalankan dengan profesional dan sesuai kompetensi SDM. Kesimpulan dari program ini adalah melalui sosialisasi dan sharing, maka rintisan industri kreatif Lichaposa mendapatkan pengetahuan tentang strategi marketing mix dan analisis SWOT untuk peningkatan penjualan produk dan pengembangan kapasitas usaha.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 1518 times
PDF - 962 times

References

N. Hayati, I. Irmawati, T. Himawan, N. D. Nathasia, R. A. Ma’arif, and T. I. Saputra, “Perancangan Sistem E-Marketplace Untuk Produk Khas Betawi Dari Jakarta (studi kasus: Setu Babakan),” JMM - J. Masy. Merdeka, vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2019, doi: 10.51213/jmm.v2i2.21.

R. S. Retno and W. L. Yuhanna, “Implementasi green living berbasis scientific inquiry pada pembelajaran ipa terhadap kinerja ilmiah mahasiswa,” Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, p. 31, 2018, doi: 10.25273/pe.v8i1.2087.

J. Sihite, S. Assauri, and R. E. Halim, “Brand promise and reputation against the campaign of a political party,” Eur. Res. Stud. J., vol. 21, no. Special Issue 3, pp. 227–240, 2018, doi: 10.35808/ersj/1398.

W. L. Yuhanna and A. R. Nurhikmawati, “Pemberdayaan masyarakat dusun suweru dalam pemasaran produk kopi lokal melalui strategi marketing mix,” Pros. Semin. Nas. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 52–57, 2017.

P. Kotler, “Marketing Mix Decisions for New Products,” J. Mark. Res., vol. 1, no. 1, p. 43, 1964, doi: 10.2307/3150319.

P. A. Syukur and F. Syahbudin, “Konsep Marketing Mix Syariah,” J. Ekon. Dan Perbank. Syariah, vol. 5, no. 1, pp. 71–94, 2020, doi: 10.46899/jeps.v5i1.167.

E. R. Santoso, Wan Mariatul Kifti, “E-Commerce Business To Consumers Sarana,” vol. 1, no. 2, pp. 147–150, 2020.

Juliana, “Masih Relevankah Strategi Marketing Mix Meningkatkan Kepuasan Pelanggan,” JDM - J. Din. Manaj., vol. 1, no. 2, pp. 162–168, 2010, doi: 10.15294/jdm.v1i2.2473.

A. Mas’ari, M. I. Hamdy, and M. D. Safira, “Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, p. 79, 2020, doi: 10.24014/jti.v5i2.8997.

M. A. Firmansyah and B. W. Mahardika, “Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi dan distribusi) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik di Surabaya,” J. Balanc., vol. XII, no. 2, pp. 18–26, 2015.

Christina Esti Susanti, “Upaya Peningkatan Strategi Marketing Mix Pangan Berbasis Bahan Lokal Melalui Analisis Sikap Konsumen Dengan Model Fishbein Di Surabaya,” J. Manaj. Pemasar., vol. 3, pp. 1–7, 2008, [Online]. Available: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18075.

R. Adnyana; and G. Sri Darma, “Strategi Marketing Mix, Yield Management, Customer Satifaction and Occupany Rate,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 99–121, 2015, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Strategi Marketing Mix Pada Rintisan Usaha Kreatif “Lichaposa”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma



Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.