Penerapan Google Classrom Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pendemi Di Sekolah Menengah Pertama Swasta PGRI 24 Medan
DOI:
https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3163Abstract
Sekolah Menengah Pertama Swasta PGRI 24 Medan sebagai salah satu sekolah menengah dikota medan yang memiliki tekad menjadi lembaga unggul dan mejadi rujukan dalam inovasi belajar. kualitas guru salah satunya melalui pembelajaran online dimasa pendemi. Untuk meningkatkan proses pembelajaran tersebut salah satu yang bisa digunakan dengan memanfaatkan teknologi, Kemajuan teknologi ini berdampak pada semua aspek kehidupan yang berhubungan dengan dunia informasi dan teknologi. Salah satu bentuk perkembangan teknologi adalah Internet. Dengan internet kita dapat mengetahui berbagai informasi yang tersebar diberbagai negara. Pada pelatihan ini diterapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) dimasa pendemi yang memanfaatkan salah satu aplikasi google classroom dengan pendekatan model pembelajaran kolaboratif. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan dalam pembelajaran daring pada masa Pendemi di Sekolah Menengah Pertama PGRI 24 Medan dapat memberikan materi secara daring sehingga siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama PGRI 24 Medan dapat mendapatkan materi dengan lebih mudah dan cepat. Proses pemberian tugas dan kuis dapat juga dilakukan secara online akan mempermudah proses belajar mengajar pada Sekolah Menengah Pertama PGRI 24 Medan. siswa/siwi dapat memberikan pertanyaan langsung melalui komentar pada materi yang belum dipahami dan siswa/siswi lain juga dapat saling berinteraksi satu dengan lainnya,sehingga diskusi kelas bisa berjalan dengan baik.
kata kunci : PGRI 24 Medan, Daring,Google classroom, materi dan onlien.
References
Univ. NEGERI Makasar, pp. 122–125, 2019, [Online]. Available: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id.
A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,†Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 109–119, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
E. S. Rosali, “Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di,†Geogr. Sci. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 21–30, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats.
L. Fuadi, T. M., Musriandi. R., &Suryani, “Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi,†J. Dedik. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 193–200, 2020.
lidia simanihuruk, E-learning implentasi,strategi dan inovasinya. yayasan kita menulis, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).