Penerapan Google Classrom Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pendemi Di Sekolah Menengah Pertama Swasta PGRI 24 Medan

 (*)Murdani Murdani Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Ronda Deli Sianturi (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Melda Panjaitan (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Swasta PGRI 24 Medan sebagai salah satu sekolah menengah dikota medan yang memiliki tekad menjadi lembaga unggul dan mejadi rujukan dalam inovasi belajar. kualitas guru salah satunya melalui pembelajaran online dimasa pendemi. Untuk meningkatkan proses pembelajaran tersebut salah satu yang bisa digunakan dengan memanfaatkan teknologi, Kemajuan teknologi ini berdampak pada semua aspek kehidupan yang berhubungan dengan dunia informasi dan teknologi. Salah satu bentuk perkembangan teknologi adalah Internet. Dengan internet kita dapat mengetahui berbagai informasi yang tersebar diberbagai negara. Pada pelatihan ini diterapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) dimasa pendemi yang memanfaatkan salah satu aplikasi google classroom dengan pendekatan model pembelajaran kolaboratif. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan dalam pembelajaran daring pada masa Pendemi di Sekolah Menengah Pertama PGRI 24 Medan dapat memberikan materi secara daring sehingga siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama PGRI 24 Medan dapat mendapatkan materi dengan lebih mudah dan cepat. Proses pemberian tugas dan kuis dapat juga dilakukan secara online akan mempermudah proses belajar mengajar pada Sekolah Menengah Pertama PGRI 24 Medan. siswa/siwi  dapat memberikan pertanyaan langsung melalui komentar pada materi yang belum dipahami dan  siswa/siswi lain juga dapat saling berinteraksi satu dengan lainnya,sehingga diskusi kelas bisa berjalan dengan baik.

kata kunci : PGRI 24 Medan, Daring,Google classroom, materi dan onlien.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 77 times

References

Univ. NEGERI Makasar, pp. 122–125, 2019, [Online]. Available: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id.

A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 109–119, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.

E. S. Rosali, “Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di,” Geogr. Sci. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 21–30, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats.

L. Fuadi, T. M., Musriandi. R., &Suryani, “Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi,” J. Dedik. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 193–200, 2020.

lidia simanihuruk, E-learning implentasi,strategi dan inovasinya. yayasan kita menulis, 2019.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Google Classrom Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pendemi Di Sekolah Menengah Pertama Swasta PGRI 24 Medan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma



Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.