Pembelajaran Etika Berkomunikasi Menggunakan Media Sosial Untuk Menghindari Konflik Di Masyarakat Bagi Siswa Siswi SMP Citra Harapan Percut

 (*)Anda Yanny Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Sumiaty Adelina Hutabarat (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Komunikasi adalah kebutuhan yang paling penting bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat. Apabila ingin menyampaikan ide, gagasan maksud dan tujuan kepada orang lain dibutuhkan komunikasi. Cara berkomunikasi juga memiliki etika, mulai dari intonasi suara, pemilihan kata dan kalimat agar pihak penerima pesan mengerti isi pesan dan tidak menyinggung perasaan. Di Era digital ini masyarakat lebih sering menggunakan komunikasi secara tulisan. Dimana komunikasi yang dilakukan secara tulisan terkadang memiliki makna berbeda dari pesan yang dikirim oleh penerima pesan. Masyarakat khususnya kaum muda lebih senang melakukan komunikasi tertulis melalui media sosial.  Media sosial merupakan salah satu sarana untuk menyebarkan informasi dengan cepat dan tempat menjalin silaturahmi,.  Saat ini dapat kita lihat sedikit pergeseran penggunaan media sosial yang  bergerak menjadi ajang tempat saling menghujat, penyebaran informasi palsu, penyebaran konten negatif yang ujungnya tentu hal ini akan meresahkan masyarakat. Pengguna  media sosial terbesar adalah remaja, peran orang tua sangatlah dibutuhkan dalam hal pengawasan. Namun tidak semua orang tua yang  melakukan pengawaasn ketat kepada anaknya dalam hal ini. Pembekalan dari dalam diri setiap  remaja itu yang perlu diterapkan. Remaja adalah usia yang haus akan informasi informasi baru, maka pembekalan pengabdian masyarakat ini mengajarkan kepada mereka hal yang boleh dan tidak boleh dilihat, ditampilkan, diketik, disebarkan dan dibaca, karena setiap hal yang mereka sebarkan akan ada hukum UU ITE yang mengawasinya.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 317 times
PDF - 270 times

References

Desi Puspasari, “Ini Isi Chat Bocah SD ke Aurel Hermansyah yang Buat Ashanty Murka,” Detik Hot, 2020. https://hot.detik.com (accessed Jul. 07, 2020).

Ronald, “RJ, remaja pengancam Presiden Jokowi ditetapkan jadi tersangka,” Merdeka.com, 2018. https://www.merdeka.com (accessed Jul. 07, 2021).

Elga Hikari Putra, “Remaja yang Pernah Hina Jokowi Kembali Berulah, Bersitegang dengan Satpam Komplek,” Tribun nesws.com, 2018. https://www.tribunnews.com/metropolitan (accessed Jul. 07, 2021).

S. Sultoni, I. Gunawan, and D. N. Sari, “Pengaruh Etika Profesional Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa,” J. Adm. dan Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 279–283, 2018, doi: 10.17977/um027v1i32018p279.

J. Yusuf Sukman, “Опыт аудита обеспечения качества и безопасности медицинской деятельности в медицинской организации по разделу «Эпидемиологическая безопасностьNo Title,” Вестник Росздравнадзора, vol. 4, no. 02, pp. 9–15, 2017.

H. Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi (Cetakan Keempat). 2002.

Budi KHO, “Jenis-jenis Komunikasi (Verbal, Non-Verbal dan Tertulis),” Ilmu Manajemen Indiustr, 2019. lmumanajemenindustri.com/jenis-jenis-komunikasi-verbal-non-verbal-tertulis/ (accessed Feb. 16, 2021).

D. Prasanti, “Etika Komunikasi Dalam Media Sosial Bagi Ibu-,” vol. 10, no. 1, pp. 21–34, 2017.

M. . Prof. Dr.Alo Liliweri, Komunikasi Antar-Personal, Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2015.

Dr.Rulli Nasrullah M.Si., Media Sosial perspektif komunikasi, budaya, dan sositeknologi, Ke dua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016.

T. H. Handoko, Manajemen, Ke dua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 1991.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Pembelajaran Etika Berkomunikasi Menggunakan Media Sosial Untuk Menghindari Konflik Di Masyarakat Bagi Siswa Siswi SMP Citra Harapan Percut

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma



Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.